Cara Menghilangkan Titik Putih di HP Oppo

Anams.id – HP Oppo merupakan salah satu merek smartphone yang cukup populer di Indonesia. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Oppo adalah munculnya titik putih pada layar HP.

Titik putih ini terkadang cukup mengganggu karena mengurangi kualitas tampilan layar. Namun, jangan khawatir karena titik putih pada layar HP Oppo bisa diatasi dengan beberapa cara yang cukup mudah dilakukan.

Penyebab Titik Putih pada Layar HP Oppo

Sebelum membahas cara menghilangkan titik putih pada HP Oppo, penting untuk mengetahui penyebab munculnya titik putih pada layar HP.

Beberapa penyebab yang umumnya menjadi faktor munculnya titik putih pada layar HP Oppo antara lain:

  1. Dead Pixel
    Dead pixel adalah kondisi di mana pixel pada layar tidak berfungsi dengan baik atau mati. Dead pixel bisa muncul pada layar HP baru atau lama akibat beberapa faktor seperti kerusakan fisik atau komponen yang rusak.
  2. Stuck Pixel
    Stuck pixel adalah kondisi di mana pixel pada layar tetap menampilkan warna tertentu dan tidak berfungsi. Stuck pixel bisa terjadi akibat beberapa faktor seperti tekanan yang berlebihan pada layar atau kerusakan pada komponen layar.
  3. Kotoran pada Layar
    Ketika layar HP Oppo terkena kotoran, debu, atau benda asing lainnya, hal ini bisa menyebabkan terbentuknya titik putih pada layar.
  4. Kerusakan Komponen Layar
    Kerusakan pada komponen layar seperti backlight atau kabel fleksibel juga bisa menyebabkan munculnya titik putih pada layar HP Oppo.

Cara Menghilangkan Titik Putih pada Layar HP Oppo

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya titik putih pada layar HP Oppo, berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan titik putih pada layar HP Oppo:

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Bau Cabe di Blender

Menggunakan Aplikasi JScreenFix

JScreenFix adalah aplikasi yang bisa membantu mengatasi masalah dead pixel dan stuck pixel pada layar HP.

Aplikasi ini bekerja dengan cara mengirim sinyal yang berbeda ke pixel yang bermasalah sehingga bisa memperbaiki kondisi pixel yang rusak.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mendownload dan menjalankannya pada layar HP Oppo. Setelah itu, biarkan aplikasi berjalan selama beberapa waktu untuk memperbaiki kondisi pixel yang bermasalah.

Menggunakan Penyedot Debu

Jika titik putih pada layar HP Oppo disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel, pengguna bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan layar. Penyedot debu bisa dibeli di toko elektronik atau online.

Pengguna hanya perlu menyemprotkan udara dari penyedot debu ke layar HP Oppo dengan jarak yang aman. Setelah itu, debu atau kotoran pada layar akan terangkat dan titik putih akan hilang.

Mengganti Komponen Layar yang Rusak

Jika penyebab munculnya titik putih pada layar HP Oppo adalah kerusakan pada komponen layar seperti backlight atau kabel fleksibel, pengguna bisa membawa HP Oppo ke toko reparasi resmi Oppo atau ke layanan reparasi yang terpercaya.

Ahli reparasi akan memeriksa kondisi layar dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengguna juga bisa membeli komponen layar yang rusak dan menggantinya sendiri, namun membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk melakukannya.

Menggunakan Aplikasi Cleaner

Beberapa aplikasi cleaner seperti CCleaner atau Clean Master bisa membantu membersihkan file sementara dan cache pada layar HP Oppo.

Dengan membersihkan file sementara dan cache, pengguna bisa mengurangi beban pada layar HP Oppo sehingga bisa mengurangi risiko munculnya titik putih pada layar.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Saus di Baju Putih

Menggunakan Aplikasi Burn-In Fixer

Burn-In Fixer adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memperbaiki masalah burn-in pada layar HP.

Burn-in adalah kondisi di mana gambar atau tampilan tertentu terus menerus ditampilkan pada layar sehingga menyebabkan gambar tersebut terbakar pada layar.

Burn-In Fixer bekerja dengan cara mengganti gambar yang ditampilkan pada layar secara terus menerus sehingga bisa memperbaiki kondisi layar yang terbakar.

Pencegahan

Selain cara menghilangkan titik putih pada layar HP Oppo, ada juga beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari munculnya titik putih pada layar HP Oppo, antara lain:

  1. Gunakan Layar Protector
    Layar protector atau anti gores bisa membantu melindungi layar HP Oppo dari goresan atau kerusakan fisik lainnya. Dengan menggunakan layar protector, risiko munculnya titik putih pada layar bisa dikurangi.
  2. Hindari Tekanan Berlebihan pada Layar
    Tekanan atau tekanan berlebihan pada layar bisa menyebabkan terjadinya stuck pixel atau kerusakan pada komponen layar lainnya. Oleh karena itu, hindari menekan layar HP Oppo dengan terlalu kuat atau terlalu sering.
  3. Jangan Terlalu Sering Memainkan Game atau Menonton Video
    Memainkan game atau menonton video terus menerus bisa menyebabkan terjadinya burn-in pada layar HP Oppo. Oleh karena itu, hindari terlalu sering memainkan game atau menonton video dalam waktu yang lama.
  4. Bersihkan Layar Secara Rutin
    Membersihkan layar HP Oppo secara rutin bisa membantu menghindari munculnya kotoran atau debu yang bisa menyebabkan titik putih pada layar. Pengguna bisa membersihkan layar dengan menggunakan kain lembut atau lap mikrofiber secara rutin.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel layar dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *