Cara Menghilangkan Tinta Spidol Di Baju Dengan Pasta Gigi

anams.id – Tinta spidol pada baju dapat menjadi masalah yang mengganggu. Tinta spidol biasanya digunakan untuk menandai atau menulis di atas permukaan kertas atau whiteboard, namun bisa saja tersembur atau tumpah pada baju. Hal ini akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan pada kain.

Tinta spidol dapat menyebabkan noda yang sulit dihilangkan pada pakaian. Meskipun noda ini sulit dihilangkan, ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan noda tinta spidol pada baju dengan menggunakan pasta gigi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghilangkan tinta spidol di baju dengan pasta gigi.

  • Persiapan Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk menghilangkan noda tinta spidol pada baju dengan pasta gigi adalah pasta gigi, air, dan sikat gigi.

Pasta gigi yang digunakan sebaiknya yang tidak mengandung pewarna atau pembersih abrasif yang terlalu kuat, karena dapat merusak serat kain pada baju.

  • Oleskan Pasta Gigi

Pertama-tama, letakkan baju pada permukaan yang datar dan bersih. Kemudian, oleskan pasta gigi pada noda tinta spidol pada baju.

Pastikan Anda menutupi seluruh noda dengan pasta gigi. Gunakan sikat gigi yang lunak untuk membantu menggosok pasta gigi pada noda tinta spidol.

  • Biarkan Selama Beberapa Menit

Setelah Anda mengoleskan pasta gigi pada noda tinta spidol, biarkan selama beberapa menit. Biarkan pasta gigi meresap ke dalam serat kain pada baju dan mengangkat noda tinta spidol.

Jangan biarkan pasta gigi mengering pada baju, karena akan membuat noda semakin sulit dihilangkan.

  • Bilas Dengan Air Dingin

Setelah beberapa menit, bilas baju dengan air dingin. Pastikan Anda membilas baju hingga bersih dan tidak ada sisa pasta gigi yang tertinggal pada kain. Jangan menggunakan air panas, karena akan membuat noda semakin melekat pada kain.

  • Cuci Baju Seperti Biasa
Baca Juga :   Cara Memperbaiki Resleting Tas Yang Lepas

Setelah membilas baju dengan air dingin, cuci baju seperti biasa. Gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis kain pada baju. Jangan gunakan pemutih atau bahan kimia lainnya, karena dapat merusak serat kain pada baju.

  • Periksa Hasilnya

Setelah mencuci baju, periksa apakah noda tinta spidol telah hilang. Jika noda masih ada, ulangi langkah-langkah di atas.

  • Jangan Gunakan Pengering Pakaian

Setelah mencuci baju, jangan menggunakan pengering pakaian. Biarkan baju mengering secara alami, karena pengering pakaian dapat membuat noda semakin sulit dihilangkan.

Mencegah Noda Tinta Spidol Pada Baju

Selain menghilangkan noda tinta spidol pada baju, ada beberapa cara untuk mencegah noda tinta spidol pada baju, seperti:

  1. Hindari Menempatkan Spidol Dekat Dengan Baju
    Jangan menempatkan spidol pada atau dekat dengan baju, karena bisa saja spidol tersebut tumpah dan meninggalkan noda pada baju.
  2. Gunakan Pelindung Baju
    Gunakan pelindung baju, seperti lab coat atau apron, ketika menggunakan spidol. Hal ini akan membantu mencegah noda tinta spidol pada baju.
  3. Simpan Spidol Dengan Tepat
    Simpan spidol dalam tempat yang tertutup rapat dan di tempat yang kering agar tidak tumpah dan berpotensi meninggalkan noda pada baju.
  4. Cuci Baju Segera Jika Terkena Noda Tinta Spidol
    Jika baju terkena noda tinta spidol, segera cuci baju dengan pasta gigi atau bahan pembersih lainnya yang sesuai untuk menghilangkan noda secepat mungkin.

Dengan melakukan tindakan pencegahan di atas, Anda dapat mencegah noda tinta spidol pada baju dan menghindari kerusakan pada pakaian Anda.

Namun, jika noda tinta spidol sudah terlanjur menempel pada baju, Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk menghilangkannya dengan mudah dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *