Cara Menghilangkan Noda Getah Pisang di Baju dengan Cepat

Anams.id – Kali ini kami mau kasih tau kalian nih cara menghilangin noda getah pisang di baju. Pasti sering banget kan kalian abis makan pisang terus getahnya nyiprat ke baju dan susah banget dihilangin?

Nah, jangan khawatir karena aku punya solusinya buat kalian yang lagi bingung gimana cara ngilangin noda getah pisang di baju.

Getah pisang itu kan lengket banget dan bisa nempel ke baju. Kalo udah kering, susah banget dihilangin dan kadang-kadang malah bikin baju kalian keliatan kotor dan ga enak dipandang.

Tapi tenang aja, karena ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menghilangkan noda getah pisang di baju kalian.

Getah pisang merupakan cairan lengket yang dapat menempel pada baju dan sulit untuk dihilangkan. Noda ini biasanya muncul ketika pisang yang belum matang diambil dari pohonnya dan getahnya menempel pada baju.

Noda getah pisang dapat membuat baju terlihat kotor dan tidak sedap dipandang. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menghilangkan noda getah pisang di baju dengan mudah dan efektif.

Menghilangkan Noda Getah Pisang dengan Cuka

Cuka adalah bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda getah pisang dari baju. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ambil cuka putih dan tuang ke dalam mangkuk kecil.
  2. Basahi kapas atau kain dengan cuka tersebut.
  3. Tempatkan kapas atau kain yang telah dibasahi pada noda getah pisang.
  4. Biarkan selama 5-10 menit agar cuka meresap ke dalam serat baju dan menghilangkan noda getah pisang.
  5. Gosok noda dengan lembut menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.
  6. Bilas baju dengan air dingin dan periksa apakah noda sudah hilang. Jika masih ada, ulangi langkah 2-5 sampai noda hilang.
Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Haid Di Sprei, Pakai Bahan ini Gampang Kok

Menghilangkan Noda Getah Pisang dengan Penghilang Noda

Ada banyak jenis penghilang noda yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda getah pisang di baju. Berikut adalah beberapa penghilang noda yang efektif untuk menghilangkan noda getah pisang di baju:

  1. Sabun cuci
    Oleskan sabun cuci pada noda getah pisang dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, gosok lembut dengan sikat gigi dan bilas dengan air dingin.
  2. Pemutih
    Pemutih dapat membantu menghilangkan noda getah pisang pada baju putih. Campurkan pemutih dengan air dingin dan rendam baju selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.
  3. Asam sitrat
    Asam sitrat adalah bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda getah pisang. Campurkan 1 sendok makan asam sitrat dengan air hangat dan rendam baju selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Getah Pisang dengan Air Panas

Air panas dapat membantu menghilangkan noda getah pisang pada baju. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Rebus air dalam panci dan pastikan air sudah mendidih.
  2. Rendam baju yang terdapat noda getah pisang dalam air panas selama 10-15 menit.
  3. Kemudian, bilas baju dengan air dingin dan periksa apakah noda sudah hilang. Jika masih ada, ulangi langkah 2 sampai noda hilang.

Tips Tambahan

  1. Jangan menggosok noda terlalu keras. Hal ini dapat merusak serat baju dan membuat noda semakin sulit dihilangkan.
  2. Periksa label instruksi perawatan pada baju. Beberapa bahan seperti sutra dan wol memerlukan perawatan khusus untuk menghindari kerusakan.
  3. Jangan keringkan baju di mesin pengering jika noda belum hilang sepenuhnya. Hal ini dapat membuat noda semakin sulit dihilangkan.
  4. Cuci baju secepat mungkin setelah terkena noda getah pisang.
Baca Juga :   Cara Membuat Kerajinan Dari Ban Bekas Menjadi Hiasan Dinding yang Menawan

Jadi, noda getah pisang pada baju memang sangat menjengkelkan dan sulit untuk dihilangkan, namun dengan beberapa tips dan trik yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat menghilangkan noda getah pisang dengan mudah dan efektif.

Kamu dapat menggunakan cuka, penghilang noda, atau air panas untuk menghilangkan noda getah pisang pada baju. Namun, pastikan untuk tidak menggosok noda terlalu keras agar serat baju tidak rusak.

Selain itu, periksa label instruksi perawatan pada baju untuk menghindari kerusakan pada baju yang memerlukan perawatan khusus.

Terakhir, cuci baju secepat mungkin setelah terkena noda getah pisang agar noda tidak semakin sulit dihilangkan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *