Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian Dengan Sitrun

anams.id – Jamur pada pakaian dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kelembaban yang tinggi atau baju yang disimpan dalam kondisi yang tidak tepat.

Jamur pada pakaian dapat menyebabkan bau tidak sedap dan membuat baju terlihat kusam.

Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan sitrun, yang merupakan salah satu bahan alami yang efektif dalam menghilangkan jamur pada pakaian.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan jamur pada pakaian dengan sitrun adalah sitrun dan air. Kamu bisa menggunakan sitrun segar atau sitrun yang sudah dikemas dalam botol.

Campurkan sitrun  dengan air dalam wadah yang bersih. Rasio campuran air dan sitrun bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan, namun umumnya diperlukan 1 bagian sitrun atau perasan sitrun dan 2 bagian air.

2. Celupkan Pakaian Ke Dalam Campuran Air Dan Sitrun

Setelah bahan-bahan siap, celupkan pakaian yang terkena jamur ke dalam campuran air dan sitrun tersebut. Pastikan pakaian terendam sepenuhnya dalam campuran tersebut.

Biarkan selama 30-60 menit, tergantung seberapa parah jamur pada pakaian. Jika jamur pada pakaian cukup parah, Anda bisa meningkatkan durasi perendaman menjadi lebih lama.

3. Cuci Pakaian Seperti Biasa

Setelah pakaian direndam dalam campuran air dan sitrun, cuci pakaian seperti biasa. kamu bisa mencuci pakaian dengan tangan atau menggunakan mesin cuci.

Pastikan menggunakan deterjen yang sesuai dengan jenis kain pakaian. Jangan lupa untuk membilas pakaian dengan air bersih hingga bersih dan kemudian keringkan.

4. Gunakan Perasan Sitrun Untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Selain digunakan untuk menghilangkan jamur pada pakaian, perasan sitrun juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian yang disebabkan oleh jamur.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Tipex di Baju

Caranya juga sangat mudah, hanya perlu mencampurkan perasan sitrun dengan air dalam wadah yang bersih.

Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke pakaian yang terkena jamur atau bau tidak sedap. Biarkan selama beberapa menit, dan kemudian cuci pakaian seperti biasa.

5. Lakukan Pencegahan

Selain menghilangkan jamur pada pakaian dengan sitrun, juga bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan agar jamur tidak muncul pada pakaian.

Pastikan menyimpan pakaian dalam kondisi yang kering dan terhindar dari kelembaban yang tinggi. Jangan biarkan pakaian basah terlalu lama dan jangan menumpuk pakaian yang belum kering bersama dengan pakaian yang sudah kering.

6. Jika Jamur Sudah Parah, Bawa Pakaian Ke Ahli Pencuci Pakaian

Perlu diingat bahwa penggunaan sitrun untuk menghilangkan jamur pada pakaian hanya efektif untuk jamur yang belum terlalu parah.

Jika jamur pada pakaian sudah cukup parah, mungkin perlu membawa pakaian ke tukang laundry atau ke ahli pencuci pakaian agar dapat diatasi dengan lebih efektif.

Mencegah jamur muncul pada pakaian dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut:

  • Simpan Pakaian Dalam Kondisi Yang Kering

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah jamur muncul pada pakaian adalah dengan menyimpan pakaian dalam kondisi yang kering.

Pastikan menjemur pakaian hingga benar-benar kering sebelum menyimpannya. Jangan menyimpan pakaian yang masih lembab atau basah, karena kelembaban pada pakaian akan memicu pertumbuhan jamur.

Dalam menghadapi masalah jamur pada pakaian, hal yang terpenting adalah tidak panik dan segera mencari solusi yang tepat. Dengan menggunakan sitrun, dapat menghilangkan jamur pada pakaian dengan mudah dan efektif.

Selain itu, pastikan melakukan tindakan pencegahan agar jamur tidak muncul pada pakaian. Dengan cara ini, pakaian akan tetap terjaga kebersihannya dan terlihat selalu seperti baru.

Baca Juga :   Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Aqua Bekas Disulap Menjadi Lampu Hias

Oke jadi  itu dulu ya temann-teman bahasan kita kali ini terkait pembersihan baju dengan sitrun yang sudah kita ulik dari berbagai sudut pandang, semoga dapat bermanfaat terimakasih.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *