Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Bodi Motor

Anams.id – Bodi motor yang mengkilap dan bersih adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilihat. Namun, bekas stiker yang menempel pada bodi motor dapat mengganggu penampilan motor yang sebenarnya.

Terkadang, stiker itu memang ditempelkan untuk tujuan promosi atau hanya untuk memberikan sentuhan personal pada motor, tetapi ketika stiker itu harus dihapus, bekas lem yang tertinggal pada bodi motor dapat menjadi masalah yang sulit untuk diatasi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghilangkan bekas stiker di bodi motor dengan cepat dan mudah.

Sebelum mencoba menghilangkan bekas stiker di bodi motor, penting untuk mengidentifikasi jenis stiker yang digunakan.

Ada dua jenis stiker yang umum digunakan pada bodi motor, yaitu stiker vinyl dan stiker kertas. Stiker vinyl biasanya lebih mudah untuk dihapus dan tidak meninggalkan bekas lem yang sulit dihilangkan.

Sementara itu, stiker kertas lebih sulit untuk dihapus karena biasanya meninggalkan banyak bekas lem pada bodi motor.

Cara Menghapus Stiker

Langkah pertama dalam menghilangkan bekas stiker di bodi motor adalah dengan menghapus stikeritu sendiri. Untuk menghapus stiker, bisa juga menggunakan kuku atau kartu kredit yang tidak terpakai.

Kamu perlu memulai dengan menggores sudut stiker dengan kuku atau kartu kredit untuk memisahkan stiker dari bodi motor. Kemudian, perlahan-lahan tarik stiker dari permukaan bodi motor.

Pastikan tidak menarik terlalu cepat atau terlalu kuat karena ini dapat meninggalkan lem di permukaan bodi motor.

Jika stiker sulit untuk dihapus, gunakan pengering rambut untuk menghangatkan stiker selama beberapa menit untuk melunakkan lem.

Kemudian, ulangi langkah yang sama untuk menghapus stiker seperti yang dijelaskan di atas. Namun, pastikan tidak menghangatkan stiker terlalu lama karena ini dapat merusak cat motor.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Bedak Padat yang Hancur

Cara Menghilangkan Bekas Lem

Setelah menghapus stiker, mungkin akan menemukan bekas lem yang menempel pada permukaan bodi motor. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas lem ini.

Menggunakan Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas lem pada bodi motor. Caranya, tuangkan beberapa tetesminyak zaitun pada kapas atau kain lembut dan gosokkan pada bekas lem secara perlahan-lahan.

Biarkan minyak zaitun meresap selama beberapa menit, kemudian gosok lagi dengan kapas atau kain lembut. Setelah itu, lap permukaan motor dengan kain bersih dan kering.

Menggunakan Cuka Putih

Anda juga dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan bekas lem pada bodi motor. Caranya, campurkan cuka putih dengan air dalam rasio 1:1.

Kemudian, celupkan kapas atau kain lembut ke dalam campuran cuka dan gosokkan pada bekas lem.

Biarkan campuran cuka meresap selama beberapa menit, kemudian gosok lagi dengan kapas atau kain lembut. Setelah itu, lap permukaan motor dengan kain bersih dan kering.

Menggunakan Deterjen Piring

Gunakan deterjen piring untuk menghilangkan bekas lem pada bodi motor. Caranya, campurkan deterjen piring dengan air dalam rasio 1:1.

Kemudian, celupkan kapas atau kain lembut ke dalam campuran deterjen dan gosokkan pada bekas lem.

Biarkan campurandeterjen meresap selama beberapa menit, kemudian gosok lagi dengan kapas atau kain lembut. Setelah itu, lap permukaan motor dengan kain bersih dan kering.

Menggunakan Produk Pembersih Khusus

Ada juga produk pembersih khusus yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bekas lem pada bodi motor.

Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk digunakan pada cat motor. Caranya, tuangkan produk pembersih pada kapas atau kain lembut dan gosokkan pada bekas lem secara perlahan-lahan.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Elemen Pemanas Air yang Rusak

Biarkan produk pembersih meresap selama beberapa menit, kemudian gosok lagi dengan kapas atau kain lembut. Setelah itu, lap permukaan motor dengan kain bersih dan kering.

Menjaga Bodi Motor Tetap Bersih

Setelah berhasil menghilangkan bekas stiker dan bekas lem pada bodi motor, kamu perlu menjaga motor tetap bersih agar tampilannya selalu kinclong. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga bodi motor tetap bersih:

  1. Cuci motor secara teratur dengan air dan sabun mobil atau produk pembersih khusus untuk motor.
  2. Hindari parkir motor di tempat yang kotor atau berdebu.

3.Gunakan cover motor untuk melindungi motor dari debu, hujan, atau sinar matahari langsung.

  1. Gunakan kain lembut dan bersih untuk mengelap motor setelah dicuci atau saat terkena hujan.
  2. Periksa secara berkala kondisi cat motor dan perbaiki jika ada kerusakan atau lecet.
  3. Gunakan produk perawatan motor seperti wax atau pengkilap untuk menjaga tampilan motor tetap kinclong dan terlindungi dari goresan atau baret.

Penting untuk diingat bahwa kamu harus sangat hati-hati saat menghapus stiker atau membersihkan bekas lem agar tidak merusak cat motor.

Jangan lupa untuk merawat motor kesayangan Anda dengan baik, agar selalu tampil kinclong dan siap melaju di jalan raya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *