Cara Memperbaiki LCD Hp yang Rusak Karena Jatuh

Anams.id – Halloo, kamu pasti pernah tuh pengen narsis pake HP, eh, tiba-tiba jatuh dan layarnya rusak parah. Padahal, LCD HP itu kan penting banget buat nampilin tampilan yang jelas dan enak dilihat.

Nah, jangan khawatir, bro, karena kami punya solusinya nih buat memperbaiki LCD HP yang rusak akibat jatuh.

LCD (Liquid Crystal Display) adalah sebuah teknologi yang banyak digunakan pada perangkat elektronik, termasuk pada smartphone, laptop, dan televisi.

Namun, LCD juga memiliki kelemahan yaitu mudah rusak akibat dari jatuh atau terbentur. Salah satu perangkat yang sering mengalami kerusakan pada LCD akibat dari terjatuh adalah smartphone.

Ketika smartphone jatuh, bagian layar yang berisi LCD bisa pecah atau mengalami kerusakan lain yang menyebabkan tampilan tidak bisa ditampilkan dengan normal.

Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini akan dijelaskan cara memperbaiki LCD HP yang rusak akibat jatuh.

PENYEBAB KERUSAKAN LCD HP

Sebelum membahas cara memperbaiki LCD HP yang rusak akibat jatuh, ada baiknya untuk mengetahui penyebab kerusakan LCD HP tersebut terlebih dahulu.

Beberapa penyebab kerusakan LCD HP yang sering terjadi adalah:

  1. Terjatuh atau terbentur: Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam LCD HP sehingga tampilan layar menjadi rusak.
  2. Tekanan yang terlalu kuat pada layar: Tekanan yang terlalu kuat saat menyentuh layar atau saat membersihkan layar dapat merusak LCD HP.
  3. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah: Suhu yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada LCD HP.
  4. Komponen internal yang rusak: Salah satu komponen internal yang rusak seperti kabel fleksibel atau IC driver dapat mempengaruhi kinerja LCD HP.
Baca Juga :   Cara Menghilangkan Coretan Pulpen Di Baju Putih

CARA MEMPERBAIKI LCD HP YANG RUSAK AKIBAT JATUH

Setelah mengetahui penyebab kerusakan LCD HP, berikut adalah cara memperbaiki LCD HP yang rusak akibat jatuh:

1. Cek kondisi fisik layar

Periksa layar smartphone untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik seperti pecah atau retak. Jika layar pecah atau retak, maka harus diganti dengan layar baru.

2. Bersihkan layar

Bersihkan layar smartphone dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan sedikit air atau alkohol. Hindari menggunakan kain kasar atau bahan pembersih yang keras karena dapat merusak layar.

Bersihkan dengan lembut pada saat mengelap layar hp supaya kemulusan lcd nya tetap terjaga tidak tergores atau baret.

3. Cek koneksi kabel fleksibel

Periksa koneksi kabel fleksibelyang menghubungkan layar dengan motherboard. Jika kabel fleksibel patah atau lepas dari konektor, maka harus diganti dengan kabel fleksibel baru.

4. Ganti IC driver

Jika setelah periksa kondisi fisik layar dan koneksi kabel fleksibel masih tidak memperbaiki masalah, kemungkinan besar IC driver yang rusak.

IC driver adalah komponen yang mengontrol tampilan layar pada smartphone. Untuk mengganti IC driver, dibutuhkan keahlian khusus dan alat yang sesuai.

Oleh karena itu, disarankan untuk membawa smartphone ke tempat service resmi untuk memperbaiki IC driver.

5. Ganti layar

Jika kerusakan pada layar terlalu parah, tidak dapat diperbaiki dengan cara membersihkan atau mengganti kabel fleksibel atau IC driver, maka harus diganti dengan layar baru.

Namun, mengganti layar harus dilakukan oleh teknisi yang ahli karena harus membuka casing smartphone dan mengganti layar dengan benar.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel kerusakan pada LCD HP dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Baca Juga :   Cara Menghentikan Printer yang Terus Mencetak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *