Cara Membuat Kerajinan Organizer Dari Kardus Beserta Gambarnya

anams.id – Kali ini kita mau bahas nih tentang tutorial bikin kerajinan dari kardus bekas yang lagi hits banget di TikTok. Kalian pasti udah pada tau kan, kalo kardus itu yang biasanya buat bungkus barang atau kotak-kotak gitu.

Tapi kalo udah dipake, kebanyakan orang langsung buang aja tuh kardus. Padahal, kardus bekas bisa dimanfaatin buat jadi kerajinan yang kece abis loh! Gak nyangka kan?

Yuk, kita bahas bareng-bareng caranya bikin kerajinan dari kardus bekas yang bisa kamu jadikan dekorasi buat kamar atau bahkan jadi hadiah buat temen-temen kamu.

Kardus adalah bahan yang seringkali terbuang begitu saja setelah digunakan. Padahal, dengan sedikit kreativitas dan keahlian, kardus bisa diubah menjadi kerajinan yang indah dan berguna.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kerajinan dari kardus, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut beberapa bahan dan alat yang biasanya dibutuhkan:

  1. Kardus bekas, bisa dari kotak sepatu atau kotak makanan
  2. Cutter atau gunting
  3. Penggaris
  4. Pensil atau spidol
  5. Lem
  6. Kain flanel atau kertas origami
  7. Cat air atau cat akrilik
  8. Kuas
  9. Gunting zigzag atau gunting kain

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, kamu siap untuk membuat kerajinan dari kardus.

Kerajinan dari Kardus Bekas

  • Organizer dari Kardus Bekas

Organizer dari kardus bekas adalah kerajinan yang sangat berguna untuk menyimpan barang-barang kecil seperti alat tulis, make up, atau aksesoris. Berikut cara membuatnya:

Langkah 1: Potong kardus bekas menjadi beberapa bagian yang sama panjang dan lebar menggunakan cutter atau gunting.

Langkah 2: Tempelkan masing-masing bagian kardus dengan lem menjadi kotak-kotak kecil seperti pada gambar di bawah ini.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan yang Blong, Begini Ternyata

Langkah 3: Ukur dan potong kain flanel atau kertas origami sesuai dengan ukuran kotak-kotak yang sudah dibuat. Tempelkan kain flanel atau kertas origami pada bagian dalam kotak menggunakan lem.

Langkah 4: Gabungkan kotak-kotak yang sudah dibuat dengan lem hingga membentuk organizer seperti pada gambar di bawah ini.

  • Hiasan Dinding dari Kardus Bekas

Hiasan dinding dari kardus bekas bisa memberikan sentuhan dekoratif pada ruanganmu. Berikut cara membuatnya:

Langkah 1: Potong kardus bekas menjadi beberapa bagian yang sama panjang dan lebar. Ukur dan gambar pola yang diinginkan pada kardus menggunakan pensil atau spidol.

Langkah 2: Potong kardus sesuai dengan pola yang sudah digambar. Kamu bisa menggunakan cutter atau gunting zigzag untuk membuat tepian kardus lebih rapi.

Langkah 3: Cat kardus dengan cat air atau cat akrilik. Biarkan kering.

Langkah 4: Tempelkan kain flanel atau kertas origami pada bagian belakang kardus menggunakan lem.

Langkah 5: Pasang kawat atau gantungan pada bagian belakang kardus sehingga bisa digantung di dinding.

  • Bangku Kecil dari Kardus Bekas

Bangku kecil dari kardus bekas bisa menjadi tambahan furnitur yang unik untuk ruanganmu. Berikut cara membuatnya:

Langkah 1: Potong kardus bekas menjadi beberapa bagian yang sama panjang dan lebar. Tempelkan masing-masing bagian kardus dengan lem membentuk persegi panjang.

Langkah 2: Potong kain flanel atau kertas origami sesuai dengan ukuran persegi panjang yang sudah dibuat. Tempelkan kain flanel atau kertas origami pada bagian dalam persegi panjang menggunakan lem.

Langkah 3: Gabungkan persegi panjang yang sudah dibuat dengan lem membentuk bangku seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 4: Pasang kain flanel atau kertas origami pada bagian atas bangku dan tempelkan menggunakan lem.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Rusak

Dari beberapa kerajinan dari kardus di atas, kamu bisa melihat bahwa kardus bekas yang biasanya terbuang begitu saja bisa diubah menjadi kerajinan yang berguna dan indah. Kamu bisa menyesuaikan desain dan warna kerajinan dengan selera dan kebutuhanmu.

Selain itu, membuat kerajinan dari kardus juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghasilkan produk yang bermanfaat.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel plastida dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *