Cara Membuat Asbak Rokok Dari Tanah Liat

Anams.id – Halo guys! Lagi pada ngapain nih? Kalau ada yang lagi ngumpulin barang-barang kreatif buat dijual atau buat dikasih ke temen-temen, coba deh bikin asbak rokok dari tanah liat.

Selain gampang dibuat, asbak rokok dari tanah liat juga unik dan bisa jadi pelengkap di ruangan kamu. Gimana sih cara bikinnya? Gak usah khawatir, disini bakal kasih tau nih caranya.

Asbak rokok adalah salah satu aksesori yang sering digunakan oleh para perokok. Selain untuk membuang sisa rokok, asbak juga berfungsi sebagai tempat untuk mematikan rokok.

Namun, tidak semua orang memiliki aksesori ini di rumah atau tempat kerja. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara membuat asbak rokok dari tanah liat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Tanah liat
  2. Air
  3. Pisau
  4. Penggaris
  5. Alat ukur
  6. Kain atau lap bersih

Langkah-langkah pembuatan asbak rokok dari tanah liat:

1. Siapkan tanah liat yang telah diambil dari alam atau dibeli di toko kerajinan. Pastikan tanah liat yang digunakan cukup lembut dan tidak terlalu keras.

2. Campurkan air dengan tanah liat hingga membentuk adonan yang lembut. Pastikan adonan tidak terlalu kering atau terlalu basah.

3. Ambil adonan tanah liat dan bentuk menjadi bola yang agak besar. Ukur diameternya dengan alat ukur dan sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan untuk asbak rokok.

4. Tekan bola tanah liat dengan telapak tangan hingga berbentuk cekung. Pastikan bagian tengahnya lebih dalam daripada tepinya.

5. Gunakan pisau untuk memotong tepi asbak dan memberikan bentuk yang lebih rapi.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Membersihkan Sol Sepatu Yang Kuning?

6. Buat lubang di tengah asbak dengan menggunakan ujung pensil atau benda lain yang sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

7. Goreskan permukaan asbak dengan pisau atau alat lain sehingga terlihat lebih menarik dan tidak licin.

8. Biarkan asbak mengering selama beberapa jam. Pastikan asbak tidak terkena sinar matahari langsung atau angin yang terlalu kencang.

9. Setelah mengering, bakar asbak dalam oven dengan suhu sekitar 200-300 derajat Celsius selama 30-60 menit.

10. Setelah diangkat dari oven, biarkan asbak dingin dan cukup kering sebelum digunakan.

Cara merawat asbak rokok dari tanah liat:

– Bersihkan asbak setelah digunakan dengan menggosok permukaannya menggunakan kain atau lap bersih.

– Jangan menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya untuk membersihkan asbak, karena dapat merusak permukaan asbak dan membuatnya lebih mudah pecah.

– Jangan mengisi asbak dengan air, karena dapat membuat tanah liat menjadi lembek dan mudah pecah.

– Jangan membiarkan asbak terkena sinar matahari langsung atau angin yang terlalu kencang, karena dapat membuat asbak menjadi kering dan mudah pecah.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan asbak rokok dari tanah liat:

Kelebihan:

  • Asbak rokok dari tanah liat sangat mudah dibuat dan biayanya relatif murah.
  • Asbak rokok dari tanah liat memiliki keunikan tersendiri dan dapat menjadi aksesori yang menarik untuk diletakkan di meja atau ruangan.
  • Asbak rokok dari tanah liat dapat menyerap bau asap rokok dengan baik.

Kekurangan:

– Asbak rokok dari tanah liat mudah pecah jika tidak dirawat dengan baik.

– Asbak rokok dari tanah liat tidak tahan terhadap air atau cairan lainnya, sehingga tidak cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Bor Listrik yang Terbakar

– Asbak rokok dari tanah liat tidak tahan terhadap suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, sehingga perlu ditempatkan di tempat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Jadi, membuat asbak rokok dari tanah liat adalah salah satu cara yang mudah dan murah untuk memiliki aksesori yang berguna bagi para perokok.

Namun, perlu diingat bahwa asbak rokok dari tanah liat perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah pecah.

Selain itu, asbak rokok dari tanah liat juga memiliki keunikan tersendiri sehingga dapat menjadi aksesori yang menarik untuk diletakkan di meja atau ruangan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *