Cara Membersihkan Noda Minyak Membandel, Gunakan 6 Pilihan Bahan Dapur Ini

anams.id – Halo teman-teman, siapa nih yang pernah ngalamin noda minyak membandel di baju atau kain lainnya? Pasti bikin kesel banget kan, apalagi kalau noda minyaknya udah meresap ke dalam serat kain. Nah, jangan khawatir guys, karena di artikel kali ini, kita bakal bahas beberapa cara untuk membersihkan noda minyak yang membandel itu.

Minyak adalah salah satu noda yang paling sulit untuk dihilangkan dari pakaian atau benda lainnya, terutama jika sudah menempel dan meresap ke dalam serat kain. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda minyak membandel tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

  1. Menggunakan Tepung Maizena

Tepung maizena adalah bahan alami yang dapat membantu menyerap minyak pada kain. Caranya, letakkan kain yang terkena noda minyak pada permukaan datar, lalu taburi tepung maizena pada noda tersebut.

Biarkan selama beberapa saat hingga tepung maizena menyerap minyak. Kemudian, gosok dengan sikat gigi bekas untuk mengangkat sisa tepung maizena dan noda minyak yang tersisa. Setelah itu, cuci kain seperti biasa.

  1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk membersihkan noda minyak pada pakaian. Caranya, oleskan sedikit sabun pada noda minyak dan gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas. Biarkan selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Jika noda masih belum hilang, ulangi langkah tersebut hingga noda minyak hilang sempurna.

  1. Menggunakan Penghilang Noda Khusus

Penghilang noda khusus juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan noda minyak membandel. Namun, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaannya dengan teliti dan melakukan tes terlebih dahulu pada bagian yang tidak terlihat pada pakaian.

Baca Juga :   Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Pipet Plastik Menjadi Perahu Mainan

Caranya, oleskan penghilang noda pada noda minyak dan biarkan selama beberapa saat. Kemudian, gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih. Ulangi langkah tersebut hingga noda minyak hilang sempurna.

  1. Menggunakan Alkohol

Alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan noda minyak pada kain. Caranya, oleskan sedikit alkohol pada noda minyak dan biarkan selama beberapa saat. Kemudian, gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih. Ulangi langkah tersebut hingga noda minyak hilang sempurna.

  1. Menggunakan Soda Kue

Soda kue atau baking soda juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan noda minyak pada pakaian. Caranya, campurkan soda kue dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada noda minyak dan biarkan selama beberapa saat.

Kemudian, gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih. Ulangi langkah tersebut hingga noda minyak hilang sempurna.

  1. Menggunakan Campuran Garam dan Talk

Garam dan talk juga bisa digunakan untuk membersihkan noda minyak pada kain. Caranya, campurkan garam dan talk dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran tersebut pada noda minyak dan biarkan selama beberapa saat. Kemudian, gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih. Ulangi langkah tersebut hingga noda minyak hilang sempurna.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda minyak membandel pada pakaian. Namun, perlu diingat bahwa setiap bahan atau bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan noda harus digunakan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel noda membandel dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Baca Juga :   Mengapa Punggung Udang Harus Dibelah? Ternyata Ada Banyak Manfaatnya Loh, Penasaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *