Candi-Candi Bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya: Warisan Seni dan Arsitektur Peninggalan Masa Lampau

Anams.id – Hi guys, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai candi-candi bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan maritim yang pernah berjaya di Indonesia pada masa lalu.

Bukti kejayaan dan kebesaran kerajaan ini dapat dilihat dari candi-candi dan juga prasasti bersejarah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan juga cerita-cerita lain diluar Indonesia. Candi-candi ini menjadi saksi bisu kejayaan dan kebesaran Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu. Selain itu, keberadaan candi-candi ini juga menjadi bukti keberagaman agama dan budaya yang pernah berkembang di Indonesia pada masa lalu.

Oleh karena itu, mari kita simak penjelasan mengenai candi-candi bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya ini untuk memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah dan budaya Indonesia.

1. Candi Muara Takus: Bukti Kehadiran Kerajaan Sriwijaya di Riau

Candi Muara Takus adalah situs candi Buddha yang berada di Riau dan menjadi bukti kehadiran Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu. Disini juga ada candi yang lain yaitu Candi Sulung/Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa, dan Palangka, oleh sebab itu disini juga dapat dikataakan sebagai penemuan kompleks candi.

Memang pada kenyataannya Para Arkeologi tidak dapat menemukan dengan jelas waktu atau tahun pembuatan situs candi ini, lalu para Arkeolog menganggap candi ini sudah ada pada zaman kehebatan Sriwijaya. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan besar tersebut.

2. Candi Muaro Jambi: Lingkungan Peninggalan Candi Hindu-Buddha Terluas di Indonesia

Situs sejarah ini kelihatannya bukan hanya situs dari Kerajaan Sriwijaya tapi juga kerjaan melayu. Situs ini dipercaya merupakan peninggalan kompleks Candi Hindu-Buddha terluas di Indonesia. Pemerintah Indonesia pada tahun 2009 sudah mendaftarakan kompleks candi ini ke UNESCO untuk dapat menjadi salah satu Situs Warisan Dunia. Kompleks candi ini memiliki arsitektur yang khas dengan ornamen dan relief yang menakjubkan.

Baca Juga :   Norma Sosial adalah

3. Candi Biaro Bahal: Kompleks Candi Terluas di Sumatera Utara

Candi Portibi atau biasa disebut Candi Biaro Bahal ini ditemukan di Sumatera Utara dan situs ini termasuk candi Buddha aliran Vajrayana yang terletak di Sumatera Utara. Candi ini merupakan kompleks candi terluas di provinsi tersebut, karena melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II, dan Bahal III. Kompleks candi ini menyimpan banyak cerita dan peninggalan sejarah yang patut untuk diketahui.

4. Gapura Sriwijaya: Saksi Bisu Kehadiran Kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan

Tempat penemuan Gapura Sriwijaya tepat ada di daerah Sumatera Selatan dan sampai saat ini juga masih dalam proses penelitian yang dilakukan oleh Koordinator Tim Napak Tilas Gapura Kerajaan Sriwijaya. Candi ini memiliki sembilan gapura, namun baru tujuh gapura yang ditemukan. Pada waktu penemuannya gapura ini dalam keadaan yang sepenuhnya roboh. Tempat ini merupakan bukti apabila memang benar ada suatu kerajaan besar di Sumatera Selatan yaitu Kerajaan Sriwijaya.

5. Candi Kota Kapur: Peninggalan Sejarah Perjuangan Raja Sriwijaya

Candi Kota Kapur ditemukan di perairan sekitar 21 mil dari Pantai Kota Kapur (Penagan). Candi ini memiliki cerita sejarah yang menarik, di mana Raja Sriwijaya mengirimkan pasukan untuk memberantas para bajak laut yang membahayakan kerajaannya.

Penaklukan para perampok dan penyamun tersebut ditandai dengan dibuatnya sebuah prasasti yang ditemukan di Candi Kota Kapur. Hal ini menjadi bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya memang memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia.

Dari penjelasan mengenai candi-candi bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya di Indonesia, kita dapat mengambil banyak pelajaran dan makna dari warisan sejarah dan budaya tersebut. Candi-candi ini menjadi bukti nyata keberagaman agama dan budaya pada masa lalu, serta menjadi saksi bisu keberhasilan dan kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim yang pernah merajai Indonesia dan Asia Tenggara.

Baca Juga :   Return On Aseets

Selain itu, keberadaan candi-candi bersejarah ini juga memperkaya wawasan kita tentang seni dan arsitektur pada masa lalu. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, mari kita lestarikan dan jaga warisan sejarah dan budaya yang ada, termasuk candi-candi bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya ini, agar dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya dan menjadi bagian dari identitas budaya Indonesia yang kaya dan beragam.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *