Biografi Ir. Soekarno
Biografi Ir. Soekarno

Biografi Ir. Soekarno

Ir. Soekarno, siapa yang tidak mengenali ataupun mengetahui dengan tokoh pahlawan Bangsa Indonesia, seseorang bapak pendiri bangsa“ founding father” Indonesia, sekaligus jadi Presiden pertamanya.

Dalam biografi Soekarno ini, kita hendak melihat kegigihan, ketabahan serta semangat Soekarno dalam memerdekakan Indonesia. Seorang pemimpin kharismatik yang disegani oleh kawan maupun lawan. Yang mendapat julukan Singa Podium sebab pidatonya yang berapi- api sampai sanggup membakar semangat seluruh rakyat Indonesia buat berjuang mencapai kemerdekaan. Semasa hidup, dia diketahui dekat dengan rakyat kecil sampai disebut sebagai penyambung lidah rakyat.

Soekarno memanglah sudah lama wafat, tetapi seakan senantiasa hidup lewan ajaran/ pemikiran yang ditinggalkan buat bangsa ini. Lewat biografi ini, kami mengajak pembaca buat lebih memahami sejarah hidup Ir. Soekarno, ikuti pembahasan berikut ini.

Biografi Ir. Soekarno Secara Singkat

Lahir, Surabaya 6 Juni 1901, yang meninggal Jakarta 21 Juni 1970, yang dimakamkan dikota Blitar, Jawa Timur, Kebangsaan Indonesia. Orangtua Soekemi Sosrodihardjo( Ayah), Ida Ayu Nyoman Rai( Ibunda),

Mempunyai seorang anak ialah:

Putra; Guruh Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, serta Totok Suryawan.

Gadis; Megawati Soekarnoputri, Kartika Sari Dewi Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Ayu Gembirowati, Rukmini Soekarno.

Pendamping/ Istri ialah:

Siti Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratma Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar.

Pendidikan ialah:

Sekolah Bawah Bumi Putera.

HBS( Hoogere Burger School)

Technische Hoogeschool, saat ini ITB

Perhargaan ialah:

Penghargaan Perdamaian Lenin( 1960)

Bintang Kehormatan Filipina( 1965)

Doktor Honoris Causa dari 26 Universitas

The Order Of The Supreme Companions of OR Tambo( Presiden Afsel– 2005)

Gelar Pahlawan: Pahlawan Nasional.

Kehidupan Si Proklamator

Baca Juga :   Latar Belakang Politik Etis dan Isinya

Ir. Soekarno lahir di Surabaya pada bertepatan pada 6 Juni tahun 1901, Ir. Soekarno ialah Presiden RI kesatu yang diketahui selaku tokoh proklamator bersama Dr. Mohamad Hatta. Pada tahun 1926, dia lulus dari Technische Hoge School, Bandung( saat ini ITB). bertepatan pada 4 Juli 1927, Soekarno mendirikan PNI( Partai Nasional Indonesia) guna meraih kemerdekaan Kharisma serta kecerdasan dia membuat dirinya terkemuka sebagai orator ulung yang bisa membangkitkan semangat rakyat.

Belanda merasa terancam dengan perilaku nasionalisme beliau, pada Desember 1929 Soekarno serta tokoh PNI yang lain ditangkap serta dipenjara. PNI sendiri dibubarkan serta berubah jadi Partindo. Perjuangan beliau terus bersinambung sehabis dibebaskan, namun pada Agustus 1933. Proklamator kemerdekaan RI ini kembali ditangkap serta diasingkan ke Ende, Flores, kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Soekarno dibebaskan ketika Jepang mengambil alih kekuasaan Belanda, Jepang memohon Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara serta K. H. Mas Mansur mendirikan PUTERA( Pusat Tenaga Rakyat) buat kepentingan Jepang. Tetapi, PUTERA malah lebih banyak berjuang buat kepentingan rakyat, dampaknya, Jepang membubarkan Putera. Pada saat posisinya dalam Perang Asia Raya mulai terdesak pasukan Sekutu, Jepang mendirikan BPUPKI. Pada persidangan BPUPKI bertepatan pada 1 Juni 1945, Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar Negara yang disebut Pancasila.

Sehabis BPUPKI dibubarkan, beliau dinaikan sebagai pimpinan PPKI. Tidak lama setelah itu Jepang memanggil Soekarno, Hatta serta Radjiman Wedyodiningrat ke Ho Chi Minh, Vietnam, buat menemui Jenderal Terauchi guna membicarakan permasalahan kemerdekaan Indonesia. Sehabis kembali ke Indonesia, Soekarno serta Hatta diculik para pemuda yang telah mendengar kabar kekalahan Jepang atas Sekutu serta dibawa ke Rengasdengklok. Akhirnya tercapai konvensi sehingga Soekarno- Hatta lekas kembali ke Jakarta mempersiapkan Naskah Proklamasi. Bersama Hatta, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan RI atas nama rakyat Indonesia pada bertepatan pada 17 Agustus 1945 di Jalur Pegangsaan Timur Nomor. 56, Jakarta.

Baca Juga :   Hakikat Sosiologi Adalah

Kemerdekaan ini yakni hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia, bukan pemberian Jepang, satu hari setelah itu dia dilantik jadi Presiden RI yang kesatu. Beliau memerintah sepanjang 22 tahun, Soekarno wafat saat pada umur 69 tahun serta dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Demikianlah ulasan menimpa“ Biografi Ir. Soekarno” Si Proklamator– Pahlawan Nasional mudah- mudahan dengan terdapatnya pembahasan tersebut bisa menaikkan pengetahuan serta pengetahuan kamu seluruh, terima kasih banyak atas kunjungannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.