Batuan Metamorf adalah
Batuan Metamorf adalah

Batuan Metamorf adalah

Batuan Metamorf adalah

Geologi merupakan suatu bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian yang menekuni seluruh sesuatu mengenai planet Bumi beserta isinya yang pernah ada. Ialah kelompok ilmu yang mangulas tentang sifat- sifat serta bahan- bahan yang membentuk bumi, struktur, proses- proses yang bekerja baik didalam ataupun diatas permukaan bumi, perannya di Alam Semesta dan sejarah perkembangannya semenjak bumi ini lahir di alam semesta sampai saat ini. Ilmu ini menekuni dari benda- benda sekecil atom sampai dimensi daratan, samudra, cekungan,serta rangkaian pegunungan.

Seluruh batuan pada mulanya dari magma. Magma keluar di permukaan bumi antara lain lewat puncak gunung berapi. Gunung berapi terdapat di daratan terdapat pula yang di lautan. Magma yang telah menggapai permukaan bumi bakal mengeras. Magma yang mengeras setelah itu jadi batuan beku. Batuan beku muka bumi sepanjang beribu- ribu tahun lamanya bisa lenyap terurai selama terserang panas, hujan, dan kegiatan tanaman serta hewan. Berikutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air, angin ataupun hewan ke tempat lain yang pada akhirnya bakal diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan diucap batuan endapan ataupun batuan sedimen. Baik batuan sedimen ataupun beku bisa berganti wujud dalam waktu yang sangat lama sebab terdapatnya pergantian temperatur serta tekanan. Batuan yang berganti wujud disebut batuan malihan ataupun batuan metamorf.

Penafsiran Batuan Metamorf

Batuan metamorf merupakan salah satu kelompok utama batuan yang yakni hasil transformasi ataupun ubahan dari suatu jenis batuan yang sudah terdapat sebelumnya, protolith, oleh suatu tata cara yang diucap metamorfisme, yang berarti“ pergantian wujud”. Batuan asal ataupun protolith yang dikenai panas( lebih tidak kecil dari 150 derajat Celsius) dan tekanan ekstrem( 1500 bar), hendak hadapi pergantian fisika serta/ ataupun kimia yang lebih besar. Protolith bisa berbentuk batuan sedimen, batuan beku, maupun batuan metamorf lain yang lebih tua.

Batuan metamorf membentuk bagian yang amat besar dari kerak bumi serta diklasifikasikan bersumber pada struktur, selain juga oleh lapisan mineral serta lapisan kimianya( fasies metamorfik). Batuan varian ini bisa tercipta sebagai selaku, alam, menurut, mudah akibat terletak di dalam kedalaman besar, hadapi temperatur besar serta tekanan lebih besar dari susunan batuan pada atasnya. Mereka bisa tercipta dari proses tektonik misalnya tabrakan daratan, yang menyebabkan tekanan horisontal, gesekan kemudian distorsi.

Baca Juga :   Ideologi Fasisme Adalah

Mereka pula tercipta pada saat batuan terpanaskan akibat intrusi dari batuan cair serta panas yang dikira magma dari bidang dalamnya bumi. Riset tentang batuan metamorf( yang saat ini tersingkap di permukaan bumi gara- gara erosi serta penaikan) mengasihkan data tentang temperatur kemudian tekanan yang terjalin dalam kedalaman yang besar di kerak bumi. Sebagian contoh batuan metamorf merupakan record, filit, sekis, gneis, kemudian lain- lain. Contoh dari Batuan Metamorf ialah Metamorfisme Kontak.

Metamorfisme kontak yakni nama yang diberikan untuk pergantian yang terjadi dikala magma disuntikkan ke batuan padat di sekelilingnya( country rock). Pergantian ini ialah pergantian terbanyak dimana juga magma kontak dengan batuan karna temperatur paling tinggi berlangsung pada batas indonesia serta menyusut apabila kian jauh dengan kontak. zona yang bermetamorfisme di sekitar batuan beku yang tercipta dari pendinginan magma dianggap aureole kontak metamorfisme.

Aureole menampilkan seluruh derajat metamorfisme dari zona kontak hingga zona non- metamorfisme( tidak berganti) pada country rock yang jauh dari zona kontak. Pembuatan mineral bijih yang berarti bisa terjalin akibat proses metasomatisme pada/ di dekat zona kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.