Bagaimana Cara Mencuci Sepatu Kanvas?

anams.id – Kali ini kami mau share tentang cara mencuci sepatu kanvas yang kotor dan bikin pusing kepala. Sepatu kanvas emang udah jadi andalan banyak orang karena desainnya simpel dan nyaman dipakai. Tapi yah, kadang-kadang sepatu kanvas kita bisa kotor dan bikin males dipake.

Sepatu kanvas adalah jenis sepatu yang populer digunakan oleh banyak orang karena desainnya yang simpel dan nyaman dipakai. Meskipun terlihat simpel, mencuci sepatu kanvas bisa menjadi tugas yang sulit jika tidak dilakukan dengan benar.

Sepatu kanvas seringkali terbuat dari bahan yang mudah terkena noda dan kotoran, sehingga perlu dicuci secara teratur untuk menjaga penampilan dan kualitasnya. Berikut ini adalah beberapa cara mencuci sepatu kanvas yang efektif dan mudah dilakukan di rumah.

  1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mencuci sepatu kanvas, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mencuci sepatu kanvas antara lain:

  • Sabun cuci piring
  • Air hangat
  • Sikat gigi bekas atau sikat khusus sepatu
  • Lap bersih
  • Penghilang noda atau pemutih pakaian (jika diperlukan)

Pastikan bahan-bahan yang digunakan aman untuk bahan sepatu kanvas Anda. Jangan menggunakan pemutih yang mengandung klorin karena dapat merusak bahan sepatu kanvas.

  1. Menghilangkan Noda pada Sepatu Kanvas

Sebelum mencuci sepatu kanvas, sebaiknya hilangkan noda yang ada pada sepatu terlebih dahulu. Gunakan penghilang noda atau pemutih pakaian jika diperlukan. Oleskan penghilang noda pada noda yang ada pada sepatu dan biarkan selama beberapa menit.

Setelah itu, sikat noda dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus sepatu hingga noda terangkat. Lap sepatu dengan lap bersih untuk menghilangkan bekas penghilang noda atau pemutih pakaian.

  1. Membersihkan Sepatu Kanvas
Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Setelah menghilangkan noda pada sepatu kanvas, saatnya membersihkan sepatu dengan sabun cuci piring dan air hangat. Caranya, campurkan sabun cuci piring dengan air hangat dalam wadah. Basahi sikat gigi bekas atau sikat khusus sepatu pada campuran sabun cuci piring dan air hangat, lalu gosokkan pada sepatu kanvas secara perlahan.

Gosok bagian atas dan samping sepatu hingga bersih, lalu bilas dengan air bersih dan lap sepatu dengan lap bersih.

  1. Mengeringkan Sepatu Kanvas

Setelah selesai mencuci, keringkan sepatu kanvas dengan cara yang benar. Jangan mengeringkan sepatu kanvas di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak warna dan kualitas bahan. Biarkan sepatu kanvas mengering secara alami di tempat yang teduh dan berangin.

  1. Tips Tambahan

Ada beberapa tips tambahan yang dapat digunakan untuk menjaga sepatu kanvas tetap bersih dan terawat. Pertama, jangan mencuci sepatu kanvas terlalu sering karena dapat merusak bahan sepatu. Cukup mencuci sepatu ketika sudah terlihat kotor atau terkena noda. Kedua, hindari mencuci sepatu kanvas menggunakan mesin cuci karena dapat merusak bahan sepatu.

Ketiga, gunakan penghilang noda atau pemutih pakaian yang aman untuk bahan sepatu kanvas. Jangan menggunakan pemutih yang mengandung klorin karena dapat merusak bahan sepatu.

Jadi, mencuci sepatu kanvas memang bisa menjadi tugas yang sulit jika tidak dilakukan dengan benar. Namun, dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat dan cara-cara yang efektif, sepatu kanvas dapat dicuci secara mudah dan aman.

Jangan lupa untuk menjaga sepatu kanvas dengan baik agar tetap bersih dan terawat. Simpan sepatu di tempat yang kering dan hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Dengan menjaga sepatu kanvas dengan baik, sepatu kanvas Anda akan selalu terlihat bagus dan nyaman dipakai.***

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Resleting Tas Yang Lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *