Mata sebagai salah satu macam alat optik

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Mata sebagai salah satu macam alat optik”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Mata sebagai salah satu macam alat optik” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Mata sebagai salah satu macam alat optik” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

mata

Setiap manusia memiliki alat optik yang paling canggih, mata. Mata adalah bagian dari indera yang bekerja pada penglihatan. Mata membantu kita menikmati keindahan alam, melihat teman, mengamati hal-hal di sekitar kita, dan masih banyak lagi yang bisa kita nikmati melalui mata. Bayangkan saja jika manusia tidak memiliki mata atau mata kita buta, tentu saja dunia ini terlihat hitam kelam.

Mata

Setelah diamati, menjadi jelas bahwa mata terdiri dari beberapa bagian, masing-masing dengan fungsi yang berbeda tetapi saling mendukung. Bagian-bagian penting dari mata termasuk kornea, pupil, iris, aqueous humor, otot akomodasi, lensa, retina, vitreous humor, bintik kuning, bintik buta, dan saraf optik.

  • Kornea adalah bagian luar mata yang tipis, halus, dan transparan. Fungsi kornea adalah menerima dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata, serta melindungi bagian sensitif mata di bawahnya.
  • Pupil adalah lubang sempit melingkar yang memungkinkan cahaya masuk ke mata.
  • Iris adalah selaput hitam, biru atau coklat yang mengontrol ukuran pupil. Warna ini adalah apa yang Anda lihat sebagai warna mata seseorang.
  • Aquaeus Humor Aquaeus humor adalah cairan di depan lensa mata untuk membiaskan cahaya di mata.
  • Otot adaptif adalah otot yang menghubungkan ke lensa mata dan berfungsi untuk mengatur ketebalan dan ketebalan lensa mata.
  • Lensa mata: Lensa mata cembung, berserat, fleksibel dan jernih. Lensa ini membiaskan cahaya dari benda untuk membentuk bayangan di retina.
  • Retina adalah bagian belakang mata yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan.
  • Humor vitreous adalah cairan di bola mata yang mentransmisikan cahaya dari lensa ke retina.
  • bintik kuning. Makula merupakan bagian dari retina yang berfungsi sebagai tempat pembentukan bayangan yang jelas.
  • Bintik Buta Bintik buta adalah bagian retina yang bayangannya tampak kabur atau buram ketika bayangan jatuh pada bagian tersebut.
  • Saraf mata Saraf mata mengirimkan rangsangan gambar dari retina ke otak.

Daya Akomodasi Mata

Bentuk bola mata tetap, sehingga jarak dari lensa mata ke retina juga konstan. Artinya jarak bayangan yang dibentuk oleh lensa selalu sama, walaupun jarak benda yang kita lihat berbeda. Bagaimana kita bisa tetap melihat benda dengan jarak tetap ke bayangan, meskipun jarak tampak dari benda itu berubah? Tentu saja kita harus mengubah panjang fokus lensa, dengan mengubah kelengkungan lensa. Hal inilah yang membuat kita dapat melihat objek yang memiliki jarak yang berbeda tanpa mengalami kesulitan. Kemampuan ini merupakan anugerah dari Tuhan yang belum bisa ditiru oleh manusia.

Lensa mata dapat menonjol atau mendatar secara spontan karena adanya otot adaptasi (otot siliaris). Untuk melihat benda yang dekat, otot siliaris diregangkan sehingga lensa mata menjadi cembung dan sebaliknya untuk melihat benda yang jauh, dan otot siliaris berelaksasi (relaksasi), sehingga lensa mata menjadi rata. Kemampuan otot mata untuk menebalkan atau meratakan lensa mata disebut gaya adaptif mata.

Untuk dapat melihat benda/benda dengan jelas, maka benda tersebut harus berada pada lapang pandang mata, yaitu antara titik dekat dan titik jauh mata. Titik proksimal (proximal point = pp) adalah titik terdekat yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata (±25 cm). Pada titik ini, lensa di dekat mata akan cembung maksimal. Titik jauh (far point = pr) adalah titik terjauh yang dapat dilihat mata dengan jelas, dan jaraknya tidak terhingga. Pada tahap jauh ini, lensa mata akan diratakan secara maksimal.

Baca Juga :   Sebuah bola 400 gram bergerak 2 m/s menuju seorang pemain

cacat mata

Tidak semua mata manusia dapat membentuk bayangan langsung di retina, ada mata yang mengalami distorsi. Hal ini dapat terjadi karena daya adaptif mata berkurang sehingga titik jauh atau dekat mata berubah. Kondisi mata ini disebut cacat mata.

Cacat mata yang dimiliki seseorang dapat disebabkan oleh ketegangan mata (eye habit) atau cacat sejak lahir.

  • Miopi (Rabun Jauh)
    Miopia adalah kondisi mata yang tidak dapat melihat benda yang jauh. Pada pasien miopia, titik distal lebih dekat ke tak terhingga (titik distal <~) dan titik proksimal kurang dari 25 cm. Hal ini terjadi karena lensa mata tidak dapat diregangkan dengan baik sehingga bayangan dari benda yang jauh jatuh di depan retina. Untuk dapat melihat benda yang jauh sehingga dapat terlihat dengan jelas, penderita miopia dibantu dengan lensa Miopia bisa terjadi karena mata terlalu banyak/terbiasa melihat benda dekat. Pembuat jam tangan, tukang las, operator komputer, dll. sering menderita cacat mata ini.Hipermetropia adalah kelainan mata dimana mata tidak dapat melihat benda didekatnya dengan jelas. Titik proksimal lebih jauh dari titik proksimal mata normal (titik proksimal >25 cm).
  • Hypermetropi (Rabun dekat)
    Penderita hipermetropia hanya dapat melihat benda yang jauh dengan jelas, sehingga cacat mata ini sering disebut mata terang jauh. Hipermetropia terjadi karena lensa mata begitu datar dan sulit untuk cembung sehingga ketika Anda melihat benda-benda di dekatnya, bayangan jatuh di belakang retina. Agar dapat melihat benda dekat dengan jelas, penderita hyperopia dibantu dengan kacamata cembung (positif).
    Hyperopia dapat terjadi karena mata terlalu banyak/terbiasa melihat benda yang jauh. Orang-orang yang bekerja sebagai pengemudi, kapten, pilot, robot, dll. sering menderita cacat mata ini.
  • Presbiopia (mata tua)
    Orang dewasa yang lebih tua, kekuatan akomodasi biasanya berkurang. Pada mata rabun jauh, titik proksimal lebih jauh dari titik proksimal mata normal (titik proksimal >25 cm) dan titik distal lebih dekat dari titik distal mata normal (titik distal <~). Oleh karena itu, penderita presbiopia tidak dapat melihat benda dekat atau jauh.
    Untuk dapat melihat dengan jelas jauh dan membaca dari jarak normal, penderita presbiopia dapat dibantu dengan kacamata lensa ganda (bifokal). Kacamata bifokal adalah kacamata yang terdiri dari dua lensa yaitu lensa cekung dan lensa cembung. Lensa cekung digunakan untuk melihat benda yang jauh dan lensa cembung untuk melihat benda yang dekat.
  • Astigmatisme
    Astigmatisme adalah kelainan mata dimana kelengkungan selaput atau lensa mata sangat tidak merata sehingga sinar cahaya yang mengenai mata tidak dapat difokuskan secara sempurna. Silindris tidak dapat membedakan garis vertikal dan garis horizontal secara bersamaan. Cacat mata ini dapat diobati dengan kacamata lensa silindris.

Tipuan mata

Selain memiliki banyak kelebihan, mata manusia juga memiliki beberapa keterbatasan. Oleh karena itu, dalam pengamatan dan pengukuran, mata tidak selalu memberikan hal yang benar.

Itulah pembahasan terkait Mata sebagai salah satu macam alat optik. semoga bermanfaat***