Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interkulturalitas
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interkulturalitas

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interkulturalitas

Anams.id – Berbagai faktor yang dapat menyebabkan westernisasi antara lain:

Kurangnya kompetensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Era globalisasi dan kemajuan zaman ini menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya: itulah yang disebut dengan kesenjangan teknologi. Oleh karena itu, tidak dapat membedakan antara apa yang harus diambil dan apa yang tidak boleh diambil.

serakah akan barang asing

Perdagangan bebas kini dipraktikkan agar produsen asing dapat dengan mudah mengimpor produknya ke negara lain. Akibatnya, tumbuhnya keinginan untuk mengkonsumsi dan masyarakat lebih memilih produk luar negeri daripada produk dalam negeri, sehingga westernisasi semakin mudah berkembang.

Invasi budaya Barat dan transformasi budaya

Saat ini, banyak orang asing yang masuk ke Indonesia hanya karena mereka tinggal atau bepergian ke Indonesia. Mereka masuk ke Indonesia dengan budayanya. Dan budaya yang ditiru sebenarnya adalah budaya yang tidak sesuai dengan budaya lokal, dan budaya kebarat-baratan dapat mengembangkan dan menghancurkan budaya lokal.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilih antara budaya yang baik dan budaya yang buruk

Orang sering meniru budaya asing dan berpikir jika mengikuti budaya asing, mereka akan terlihat keren dan dianggap modern, tanpa melihat baik atau buruknya.

Munculnya keinginan akan kebebasan seperti di negara-negara Barat

Negara-negara lain (negara-negara Barat) memiliki keinginan untuk menguasai dunia dan menyebarkan ide-ide mereka di berbagai negara, terutama di negara-negara berkembang.

meniru gaya Barat dalam pakaian, gaya rambut, dan gaya hidup

Masyarakat, terutama anak muda, mudah terpengaruh gaya hidup Barat dan sering meniru artis asing favoritnya yang disesuaikan dengan budaya lokal.

Contoh budaya oriental di Indonesia

Terdiri dari:

Perkembangan lagu, film, drama dan tarian dari negara-negara Timur yang saat ini sangat populer di kalangan remaja di Indonesia, misalnya lagu Korea (K-POP) dan Jepang, serta drama Korea.
Ada bahasa Timur yang sangat dihormati di Indonesia.
Di bidang sastra, budaya Timur juga cukup berpengaruh, begitu pula dengan jumlah komik yang berkembang pesat di Indonesia.

Baca Juga :   Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

itulah penjelasan mengenai Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interkulturalitas, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.