Cara Memperbaiki Water Heater Listrik Tidak Panas

Anams.id – Water heater listrik adalah salah satu perangkat penting di rumah kamu, terutama jika tinggal di daerah dengan iklim dingin.

Namun, masalah umum yang sering terjadi pada water heater listrik adalah ketidakmampuan perangkat untuk menghasilkan air panas.

Hal ini bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan terutama jika kamu sedang membutuhkan air panas untuk mandi atau mencuci.

Namun, jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk memperbaiki water heater listrik yang tidak panas.

Alasan Water Heater Tidak Menghasilkan Air Panas

Sebelum memperbaiki water heater listrik yang tidak panas, penting untuk memahami beberapa alasan mengapa water heater tidak menghasilkan air panas.

  1. Tegangan rendah pada kabel listrik
  2. Thermostat rusak
  3. Element pemanas rusak
  4. Terlalu banyak kotoran atau kerak di dalam tangki
  5. Terlalu banyak tekanan pada katup pengaman

Cara Memeriksa Tegangan Listrik

Sebelum memeriksa komponen lain dari water heater, pastikan untuk memeriksa tegangan listrik terlebih dahulu.

Tegangan listrik yang rendah dapat menyebabkan water heater tidak menghasilkan air panas atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Untuk memeriksa tegangan listrik, gunakan alat multimeter dan ukur tegangan listrik pada terminal water heater. Pastikan tegangan listrik mencapai setidaknya 240 volt.

Jika tegangan listrik rendah, periksa sumber listrik utama dan pastikan tidak ada masalah pada kabel listrik.

Memeriksa Thermostat

Thermostat adalah komponen penting pada water heater listrik. Thermostat memungkinkan untuk memilih suhu air yang diinginkan dan memastikan bahwa air tetap pada suhu yang diinginkan.

Baca Juga :   Kenapa Kotoran Udang Ada di Kepala? Ternyata Ini Alasannya

Untuk memeriksa thermostat, matikan listrik pada water heater dan lepaskan tutup thermostat. Periksa apakah terdapat tanda-tanda kerusakan seperti kabel yang terputus atau terminal yang karatan.

Jika terdapat kerusakan, ganti thermostat dengan yang baru.

Memeriksa Element Pemanas

Element pemanas pada water heater listrik bertanggung jawab untuk memanaskan air. Jika element pemanas rusak,water heater tidak akan menghasilkan air panas sama sekali.

Untuk memeriksa element pemanas, matikan listrik pada water heater dan lepaskan tutup element pemanas. Periksa apakah terdapat tanda-tanda kerusakan seperti kabel yang terputus atau elemen yang terbakar.

Jika elemen rusak, maka kamu harus mengganti elemen pemanas yang rusak dengan yang baru. Pastikan untuk memilih elemen pemanas yang tepat sesuai dengan merek dan model water heater.

Membersihkan Kerak di Dalam Tangki

Kerak atau kotoran di dalam tangki water heater listrik dapat menghambat panas dari elemen pemanas untuk meresap ke dalam air. Hal ini dapat menyebabkan water heater tidak menghasilkan air panas.

Untuk membersihkan kerak di dalam tangki, matikan listrik pada water heater dan kosongkan air dari tangki. Setelah itu, isi tangki water heater dengan campuran air dan cuka.

Biarkan campuran tersebut selama beberapa jam untuk membantu melarutkan kerak atau kotoran di dalam tangki.

Setelah itu, kosongkan campuran air dan cuka dari tangki dan bilas dengan air bersih. Kemudian, hidupkan kembali listrik pada water heater.

Memeriksa Katup Pengaman

Katup pengaman pada water heater listrik adalah komponen penting untuk menjaga tekanan air di dalam tangki. Jika terlalu banyak tekanan pada katup pengaman, water heater tidak akan menghasilkan air panas.

Untuk memeriksa katup pengaman, matikan listrik pada water heater dan lepaskan tutup katup pengaman. Periksa apakah ada kotoran atau kerak yang menyumbat katup pengaman. Jika ada, bersihkan kotoran atau kerak tersebut.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Paling Ampuh

Jika katup pengaman rusak, ganti dengan yang baru. Pastikan untuk memilih katup pengaman yang sesuai dengan merek dan model water heater.

Jadi, water heater listrik yang tidak menghasilkan air panas bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan.

Namun, dengan memeriksa dan memperbaiki beberapa komponen seperti tegangan listrik, thermostat, element pemanas, kerak di dalam tangki, dan katup pengaman, kamu dapat mengembalikan water heater listrik ke kondisi yang normal.

Namun, jika kamu tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki water heater listrik, sebaiknya panggil teknisi yang berpengalaman untuk membantu.

Selain itu, pastikan untuk selalu memperhatikan perawatan dan pemeliharaan water heater listrik agar tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *