Arti Lambang Pancasila dan Penjelasannya
Arti Lambang Pancasila dan Penjelasannya

Arti Lambang Pancasila dan Penjelasannya

ANAMS.ID – Arti Lambang Pancasila dan Penjelasannya

arti lambang pancasila

Di bawah ini adalah lima lambang pancasila dan penjelasannya.

Arti Perintah Bintang Tunggal Pertama

Tuhan Yang Maha Esa dilambangkan dengan perisai hitam dengan bintang emas berkepala lima. Tujuan dari lima bintang emas adalah untuk mewakili ideologi sekuler dari lima agama besar Indonesia: Islam, Budha, Hindu, Kristen dan Sosialisme.

Arti Perintah Kedua Rantai Emas

Kemanusiaan yang adil dan beradab, dilambangkan dengan rantai yang terbuat dari gelang kecil, menandakan hubungan dengan orang lain yang setara dengan manusia. Juga, gelang persegi mewakili gelang sebagai pria dan lingkaran mewakili wanita.

Arti Perintah Ketiga Pohon Beringin

Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin, ficus benjamina dalam istilah ilmiah. Pohon beringin di kiri atas perisai putih adalah pohon dengan akar yang panjang. Akar penopang adalah akar tunggal yang panjang yang menopang pohon besar di tanah.

Inilah contoh persatuan dan kesatuan di Indonesia. Sebuah pohon beringin memiliki banyak akar yang menjuntai dari dahannya. Hal ini mencerminkan bahwa meskipun Indonesia adalah satu bangsa, namun memiliki latar belakang budaya yang beragam dari Sabang sampai Merauke.

Arti Kepala Banteng dari Perintah ke-4

Demokrasi yang dipandu oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan. Makna simbol kepala banteng pada bagian atas perisai berlatar belakang merah adalah untuk menggambarkan bahwa banteng atau sapi liar adalah hewan sosial seperti halnya manusia.

Hal ini dikemukakan oleh Bung Karno dimana keputusan itu diambil dan dilakukan secara musyawarah. Kekeluargaan dan gotong royong merupakan nilai-nilai yang digunakan untuk mencirikan bangsa Indonesia.

Arti dari lima sila beras dan kapas

Baca Juga :   PILAR KEBANGSAAN - BHINEKA TUNGGAL IKA

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dilambangkan dengan kapas di pojok kanan bawah tameng dengan latar belakang putih. Kapas dan beras adalah gambaran pangan, sandang, dan papan yang merupakan kebutuhan primer seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang status atau lokasi.

Padi dan kapas mencerminkan kesetaraan sosial tanpa kesenjangan sosial, tetapi ini tidak berarti bahwa Indonesia menggunakan ideologi komunis.

Itulah pembahasan mengenai Arti Lambang Pancasila dan Penjelasannya, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.