Pengertian Sosialisasi
Pengertian Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi

Anams.id – Untuk itu sosialisasi merupakan salah satu sarana untuk mempengaruhi kepribadian individu, yang sangat tergantung pada bagaimana individu tersebut berinteraksi dengan orang lain. Nah, berikut ini adalah pengertian sosialisasi menurut para sosiolog dan contohnya. Jadi silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Definisi sosialisasi

Secara sederhana sosialisasi adalah proses sepanjang hayat yang berkaitan dengan bagaimana individu belajar tentang kehidupan, norma, dan nilai-nilai sosial yang termasuk dalam suatu kelompok sehingga dapat berkembang menjadi individu yang diterima oleh kelompoknya.

Pemahaman ahli tentang sosialisasi

Definisi profesional sosialisasi, termasuk:

Menurut Wikipedia

Sosialisasi adalah proses penanaman atau pemindahan kebiasaan, nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lain dalam suatu kelompok atau masyarakat. Banyak sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori peran (role theory). Hal ini karena proses sosialisasi mengajarkan peran yang harus dimainkan individu.

Menurut Soerjono Soekanto

Sosialisasi adalah proses sosial dimana individu memperoleh pembentukan sikap untuk bertindak sesuai dengan perilaku orang-orang di sekitarnya.

Menurut Bloom dan Selznick

Sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok dalam diri seseorang.

Menurut Peter L. Berger

Sosialisasi adalah proses dimana seorang anak belajar menjadi anggota masyarakat. Yang dipelajarinya adalah peran gaya hidup dalam masyarakat, sesuai dengan nilai dan norma serta konvensi yang berlaku di masyarakat.

Menurut Stewart

Sosialisasi adalah proses di mana orang memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam suatu budaya. Melalui proses sosialisasi, sifat-sifat kelompok tidak pernah sama-sama diserap oleh setiap anggota kelompok, sehingga menumbuhkan mereka yang memiliki hak.

Menurut Charlotte Buehler

Sosialisasi adalah proses yang membantu individu belajar dan beradaptasi dengan cara hidup dan cara berpikir kelompok, sehingga mereka dapat mengambil peran dan fungsi di dalam kelompok.

Baca Juga :   Pengertian Demokrasi

Menurut Horton & Hunt

Sosialisasi adalah proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat mereka tinggal untuk tumbuh menjadi pribadi yang unik.

Menurut Koentjaraningrat

Sosialisasi adalah keseluruhan proses dimana individu berkembang, berhubungan, mengenal, dan beradaptasi dengan individu lain yang hidup dalam masyarakat di sekitarnya sejak masa kanak-kanak sampai dewasa.

Menurut Karel J. Wieger

Sosialisasi adalah proses belajar-mengajar.

Menurut Irvin L. Child

Sosialisasi adalah keseluruhan proses yang menuntut seorang individu untuk benar-benar melakukan perilaku potensial yang diyakini benar, menjadi kebiasaan, dan sesuai dengan standar kelompok.

Menurut Robert M.Z. bunga pala

Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lain yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Menurut KBBI

Sosialisasi mengacu pada proses pembelajaran yang memungkinkan anggota masyarakat mengenal dan menghargai budaya masyarakat di lingkungannya.

Menurut Richer JR

Sosialisasi adalah proses di mana seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dengannya dia bekerja untuk berfungsi baik sebagai orang dewasa dan sebagai aktor aktif dalam posisi atau peran tertentu dalam masyarakat.

Menurut Bruce J. Cohen

Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan sosial, memperoleh individualitas, dan membangun kepastian untuk berfungsi dengan baik sebagai individu dan anggota.

Menurut Giddens

Sosialisasi sebagai proses dimana bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahapan-tahapan, akhirnya menjadi pribadi yang berpengetahuan dan terampil tentang cara hidupnya dalam budaya di mana ia tinggal.

Menurut Paul B. Horton

Sosialisasi adalah proses dimana seseorang menilai dan memahami norma-norma masyarakat tempat dia tinggal, yang pada gilirannya membentuk kepribadiannya.

Menurut Profesor Dr. Nasution, S.H.

Sosialisasi adalah proses membawa individu ke dalam dunia masyarakat “sebagai warga negara yang matang”.

Baca Juga :   Pengertian Landasan Pendidikan

Menurut Wright Wright

Sosialisasi adalah proses di mana seorang individu memperoleh budaya kelompok dan menginternalisasikan norma-norma sosial sampai batas tertentu, sehingga mengarahkan individu untuk mempertimbangkan harapan orang lain.

Menurut Skander Willatmaja

Sosialisasi adalah proses belajar sejak anak usia dini untuk mengenali dan memperoleh sikap, pemahaman, gagasan, dan pola perilaku yang disetujui oleh masyarakat.

Menurut Edward Sills

Sosialisasi adalah proses sosial yang dilakukan oleh seseorang atau sepanjang hidupnya yang perlu dijalani oleh seorang individu untuk menjadi anggota suatu kelompok atau masyarakat melalui pembelajaran budaya dari kelompok atau masyarakat tersebut.

Menurut Jack Levin dan James L. Speights

Sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan budaya ke dalam kepribadian individu.

Menurut Narsar Root

Sosialisasi adalah proses dimana seorang individu menerima dan beradaptasi dengan masyarakat.

Menurut John C. Masionis

Sosialisasi adalah pengalaman sosial sepanjang hayat yang memungkinkan individu mengembangkan potensinya dan mempelajari pola hidupnya.

Menurut David Guslin

Sosialisasi adalah proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma sehingga dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

Menurut James W. Vander Zanden

Sosialisasi adalah proses interaksi sosial di mana orang memperoleh pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku yang penting untuk partisipasi efektif mereka dalam masyarakat.

Menurut David B Brinkerhoft dan Lynn K White

Sosialisasi adalah proses mempelajari peran, status, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam pranata sosial.

Itulah Pembahasan Mengenai Pengertian Sosialisasi, Semoga Bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.