Pengertian Lembaga Sosial
Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial

Anams.id – Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian lembaga sosial. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik

Lembaga sosial adalah jenis lembaga yang mengatur proses dan prosedur dalam hubungan manusia ketika semua orang menjalani kehidupan sosial dengan tujuan untuk mencapai kehidupan yang teratur di antara orang-orang.

Istilah institusi sosial dalam bahasa Inggris adalah social institusi dan institusi sosial juga diartikan sebagai institusi masyarakat.

Hal ini karena pranata sosial mengacu pada tata cara untuk mengatur perilaku anggota masyarakat. Dalam pandangan lain, tatanan sosial adalah sistem perilaku dan hubungan yang difokuskan pada kegiatan untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus masyarakat.

Di sisi lain, menurut sistem sosial Koentjaraningrat, itu adalah unit norma khusus yang mengatur seperangkat perilaku khusus yang dimotivasi oleh kebutuhan manusia dalam kehidupan sosial.

Pengertian lembaga sosial menurut para ahli

Di bawah ini adalah beberapa definisi ahli tentang lembaga sosial.

1. Menurut Paul Horton dan Chester L. Hunt

Lembaga sosial adalah sistem norma dan hubungan sosial yang mengintegrasikan nilai-nilai dan tata cara tertentu untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

2. Menurut Peter L. Berger

Sistem sosial adalah prosedur yang mengikat perilaku manusia pada pola-pola tertentu dan memaksa orang untuk mengikuti jalan yang dianggap sejalan dengan keinginan masyarakat.

3. Menurut Mayor Pollack

Lembaga sosial adalah kompleks atau sistem aturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai penting.

4. Menurut Hamilton

Institusi sosial adalah prosedur untuk kehidupan kolektif, pelanggaran yang mengarah pada hukuman dari berbagai tingkat.

5. Robert Maclver dan CH Page

Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang dibuat untuk mengatur hubungan antara orang-orang yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

Baca Juga :   Fungsi Negara Menurut Para Ahli

6. Menurut Leopold von Wiese dan Becker

Institusi sosial adalah jaringan proses relasional manusia dan kelompok yang berfungsi memelihara hubungan tersebut dan polanya berdasarkan kepentingan dan kepentingan individu dan kelompok.

7. Menurut Koenja Raningrad

Sebuah lembaga sosial atau sistem perilaku dan hubungan yang berfokus pada kegiatan untuk memenuhi kompleksitas spesifik kehidupan manusia.

8. Menurut Soerjono Soekanto

Suatu sistem sosial atau seperangkat norma pada semua tingkatan yang berkisar pada kebutuhan dasar manusia dalam kehidupan mereka.

Setelah memahami beberapa implikasi pranata sosial yang dikemukakan oleh para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pranata sosial berkaitan dengan:

Seperangkat aturan yang saling berhubungan, bergantung dan mempengaruhi. Artinya sistem-sistem norma saling berhubungan membentuk kelembagaan dalam proses yang cukup panjang.

Seperangkat norma yang dapat dibentuk, diubah dan dipelihara sesuai dengan kebutuhan hidup. Seperti yang saya jelaskan ketika saya pertama kali di kelas X, aturannya fleksibel. Norma sosial disesuaikan dengan kebutuhan hidup dan pola pikir individu atau kelompok. Norma sosial juga dapat berubah dengan perubahan sosial yang inklusif secara inheren.

Seperangkat aturan yang mengatur tata tertib dan tertibnya hubungan antar warga negara. Menurut norma itu sendiri, yaitu sebagai pengatur pola perilaku manusia sebagai anggota masyarakat, keberadaannya diperlukan untuk mencapai ketertiban sosial.

Itulah pembahasan mengenai pengertian lemabaga sosial, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.