PENGERTIAN AKUNTANSI
PENGERTIAN AKUNTANSI

PENGERTIAN AKUNTANSI

ANAMS.ID – Akuntansi adalah ilmu yang melibatkan cara berpikir manusia untuk menciptakan kerangka konseptual prinsip, standar, asumsi, teknik, dan prosedur yang digunakan sebagai dasar pelaporan keuangan. Laporan keuangan harus berisi informasi yang berguna untuk membantu pengguna membuat keputusan.
Seperti ilmu-ilmu lainnya, ilmu akuntansi juga berkembang atas dasar perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Selain itu, faktor kebutuhan juga terlibat dalam perkembangan akuntansi itu sendiri. Namun, baik akuntansi maupun ilmu lainnya tidak akan berkembang secara independen tanpa beberapa hal penting yang membantu akuntansi tumbuh dan bertahan.
Akuntansi adalah pengukuran, terjemahan, atau penyediaan informasi untuk membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lainnya menentukan alokasi sumber daya dalam bisnis, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni mengukur, mengomunikasikan, dan menafsirkan aset keuangan.

Karena pemahaman di atas menyoroti fungsi dan kegiatan akuntansi, kita dapat menyimpulkan bahwa:

  • Dari sudut pandang fungsi atau pekerjaannya, akuntansi adalah aktivitas layanan yang menyediakan informasi penting untuk mengevaluasi jaringan perusahaan, memungkinkan manajemen atau audiens eksternal untuk mengekspresikan penilaian dan membuat keputusan yang benar.
  • Dari sudut pandang kegiatannya, akuntansi adalah proses yang melibatkan identifikasi (penentuan), pengukuran dan penyediaan informasi ekonomi.
  • Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi adalah data transaksional yang terjadi dalam suatu perusahaan. Data transaksi dinyatakan dalam satuan moneter. Oleh karena itu, objek atau tujuan akuntansi adalah transaksi yang bersifat keuangan atau transaksi yang hasilnya dapat diukur dalam satuan moneter.

Transaksi keuangan yang terjadi dari waktu ke waktu dalam suatu perusahaan tidak hanya terdiri dari satu transaksi atau satu jenis transaksi, tetapi berbagai transaksi berulang. Oleh karena itu, kita perlu mengolah semua data transaksi keuangan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu agar lebih sederhana dan bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Baca Juga :   Pengertian dan Perkembangan Akuntansi Sektor Publik

Serangkaian proses inilah yang merupakan aktivitas akuntansi dalam menjalankan fungsi. Dengan kata lain, kami memberikan informasi keuangan kepada mereka yang membutuhkannya. Dalam praktiknya, semua transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode diproses dalam tahapan kegiatan berikut.

  • Penentuan dan pengukuran identifikasi
  • Registrasi (pendaftaran)
  • klasifikasi
  • bungkus
  • Penyusunan laporan keuangan (reporting)

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pembukuan, dalam hal kegiatannya, atau secara tegas, adalah suatu proses yang melibatkan pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Selain kegiatan di atas, dalam lingkup yang lebih luas, kegiatan akuntansi juga mencakup desain sistem pencatatan dan interpretasi (interpretasi) laporan keuangan.

Pemahaman ahli tentang akuntansi

Di bawah ini adalah definisi akuntansi secara khusus berdasarkan Par.

Menurut Wilkinson dan Cerullo (1995, hal.5-6)

Akuntansi adalah struktur seragam dalam suatu entitas yang mengubah data transaksi keuangan/akuntansi menjadi informasi akuntansi menggunakan sumber daya fisik dan komponen lain untuk tujuan memuaskan pengguna atau kebutuhan informasi pengguna.

Menurut Mulyadi (2001, hal.3)

Akuntansi adalah organisasi bentuk, catatan, dan laporan yang disusun sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang diperlukan bagi manajemen untuk memudahkan pengelolaan perusahaan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.