pancasila sebagai ideologi nasional
pancasila sebagai ideologi nasional

pancasila sebagai ideologi nasional

ANAMS.ID – kali ini kita akan membahas mengenai pancasila sebagai ideologi nasional. simak artikel berikut untuk mendapatkan keseluruhan insight nya

pancasila sebagai ideologi nasional

Kita semua tahu bahwa Pancasila adalah way of life bagi bangsa Indonesia. Namun, tidak sedikit orang yang mengetahui dari mana asal gagasan Pancasila di Bumi di Indonesia. Lalu apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi nasional?

Nilai-nilai yang diyakini kebenarannya, diambil dari kehidupan lingkungan itu sendiri, digunakan untuk mengatur masyarakat. Inilah yang disebut ideologi. Seperti yang dikatakan Jorge Larrain, ideologi sebagai seperangkat keyakinan berarti bahwa setiap individu atau kelompok orang memiliki sistem kepercayaan tentang apa yang mereka anggap berharga dan apa yang memotivasi tindakan mereka. Nilai-nilai tersebut dipandang sebagai cita-cita dan menjadi dasar cara pandang, pemikiran, dan tindakan kita untuk menyelesaikan semua masalah yang dihadapi individu dan bangsa.

Demikian juga Pancasila sebagai ideologi nasional yang dipegang teguh oleh pemerintah dan rakyat Indonesia dan digunakan oleh rakyat Indonesia untuk mengatur/mengatur masyarakat Indonesia, atau negara Indonesia (pemerintah dan bangsa) secara keseluruhan. kepada setiap individu, kelompok tertentu atau komunitas tertentu, tetapi untuk bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Pancasila sebagai ideologi nasional dapat diklasifikasikan menjadi:

Dilihat dari kandungan suatu ideologi, semua ideologi mengandung sistem nilai yang diyakini sebagai sesuatu yang baik dan adil. Nilai-nilai tersebut menjadi cita-cita yang memberikan arah bagi bangsa dan perjuangan bangsa.
Sistem nilai kepercayaan memiliki jangkauan global dan telah tumbuh dan dibentuk oleh interaksi dengan berbagai sudut pandang dan denominasi yang menjadi konsensus bersama bangsa-bangsa.
Sistem nilai diuji melalui perkembangan sejarah yang berkelanjutan untuk mendorong konsensus mendasar yang tercermin dalam kesepakatan para Founding Fathers.
Sebuah sistem nilai memiliki komponen psikologis yang tumbuh dan membentuk dirinya melalui pengalaman bersama dalam jalur sejarah bersama, memberikan kekuatan pendorong untuk tunduk pada cita-cita bersama.
Sistem nilai memperoleh kekuasaan konstitusional sebagai dasar negara dan sekaligus menjadi negara dan cita-cita tinggi negara.

Baca Juga :   PILAR KEBANGSAAN - PANCASILA

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Pancasila sebagai ideologi nasional bukanlah instrumen kekuasaan seperti yang dipahami dalam konteks budaya nasional daripada kekuasaan.

Klasifikasi Pancasila sebagai Ideologi Nasional

Sebagai ideologi nasional, Pancasila memiliki beberapa segi.

ukuran ideal

Dimensi ideal berarti ideologi Pancasila mengandung harapan dan cita-cita dalam berbagai bidang kehidupan yang ingin dicapai masyarakat.

dimensi realitas

Dimensi realitas berarti nilai-nilai yang mendasari yang dikandungnya berasal dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat pemeluknya.

Dimensi normalitas

Dimensi normalitas mengandung makna bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai yang mengikat masyarakat berupa norma atau aturan positif yang harus dihormati atau dihormati.

Dimensi Fleksibilitas

Dimensi keluwesan artinya ideologi Pancasila mengikuti perkembangan zaman, berinteraksi dengan perkembangan zaman, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terbuka dan demokratis.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.