Klasifikasi Protista : Protista Mirip Tumbuhan (Alga)

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Klasifikasi Protista : Protista Mirip Tumbuhan (Alga)”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Klasifikasi Protista : Protista Mirip Tumbuhan (Alga)” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Klasifikasi Protista : Protista Mirip Tumbuhan (Alga)” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Protista Mirip Tumbuhan (Alga)

Protista uniseluler yang menyerupai tumbuhan dan sering disebut sebagai fitoplankton. Protista yang memiliki beberapa sel dan menyerupai tumbuhan biasanya disebut sebagai alga. Protista fotosintesis ini dapat ditemukan di berbagai lingkungan perairan, termasuk laut dan danau. Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa dari mereka terdiri dari makhluk yang sangat sedikit. Makhluk-makhluk ini memainkan peran yang sangat penting dalam prosesnya.

Sekitar 70 persen dari semua aktivitas fotosintesis yang terjadi di bumi disumbangkan oleh fitoplankton yang ditemukan di lautan. Kegiatan ini menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer, menghasilkan oksigen, dan sangat penting untuk reproduksi kehidupan akuatik.

Ciri-ciri alga antara lain:

  • Ukurannya berkisar dari kecil (tidak terlihat oleh mata manusia), seperti navicula, hingga sangat besar, seperti
  • Macrocystis, yang panjangnya bisa mencapai puluhan meter. Beberapa dari mereka jauh lebih besar dari itu.
  • Ada alga uniseluler dan multiseluler. Ada beberapa organisme bersel satu yang hidup berkoloni dengan bentuk yang menarik, seperti bola, koma, atau piringan. Koloni ini dapat ditemukan. Beberapa orang memilih untuk hidup sendiri. Suka
  • Ada juga ganggang multiseluler yang muncul sebagai lembaran dan benang.
  • Reproduksi dapat terjadi baik secara seksual maupun aseksual.
  • Mayoritas dari mereka membuat rumah mereka di lingkungan perairan termasuk kolam, danau, sungai, laut, rawa-rawa, lahan basah, batu, dan pohon.
  • Melalui proses yang dikenal sebagai fotosintesis, alga mampu menghasilkan makanannya sendiri dengan memanfaatkan komponen organik dan sinar matahari dalam prosesnya.

Ada tujuh filum berbeda yang digunakan untuk mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan. Filum tersebut diberi nama sebagai berikut: Euglenophyta, Cryshopphyta, Bacillariophyta (Diatomae), Pyrrophyta (Dinoflagellata), Rhodophyta, dan Phacophyta (Abdurahman, 2006).

Itulah pembahasan terkait Klasifikasi Protista : Protista Mirip Tumbuhan (Alga). semoga bermanfaat***

Baca Juga :   Pernyataan yang berkaitan dengan DNA adalah