Dampak positif globalisasi dalam bidang budaya
Dampak positif globalisasi dalam bidang budaya

Dampak positif globalisasi dalam bidang budaya

Anams.id – Dampak positif globalisasi dalam bidang budaya

Terdiri dari:

Kemudahan pertukaran budaya internasional

Kemajuan teknologi dan pendidikan di era globalisasi telah memicu terjadinya pertukaran budaya di seluruh dunia. Saat ini, Anda dapat melihat dan belajar tentang budaya dari seluruh dunia tanpa harus pergi ke luar negeri. Ini juga akan menjadi kesempatan bagi orang asing untuk membawa budaya dan seni mereka sendiri ke Indonesia, sehingga memudahkan mereka untuk bepergian ke luar negeri. Seseorang dapat memperkenalkan budaya dan seninya sendiri ke dalam masyarakat Indonesia, dan jika budaya dan seni itu cocok untuk masyarakat Indonesia, mereka dapat membawa transformasi budaya.

Baca juga artikel yang mungkin relevan.

Pertukaran pelajar di bidang pendidikan juga dapat menjadi media pertukaran global di seluruh dunia. Siswa yang berkesempatan ke luar negeri dapat mengajar budaya dan seni di negara asalnya atau belajar budaya dan seni dari negara lain. Tentu hal semacam ini dapat mempengaruhi literasi budaya untuk semua dan menumbuhkan toleransi manusia. Sikap toleran tentu menumbuhkan rasa solidaritas antar bangsa di dunia.

Mendukung perwujudan hak asasi manusia

Pikiran orang-orang maju di era globalisasi terbuka untuk kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di seluruh dunia, seperti insiden kekerasan di negara-negara Afrika. Selain itu, berbagai konflik di Bumi yang disebabkan oleh perebutan tanah dan sumber daya alam menjadi perhatian dari sudut pandang manusia, karena konflik tersebut telah memakan banyak korban.

Ini mendorong solidaritas berbagai negara, baik maju maupun berkembang, untuk membawa kesadaran hak asasi manusia kepada semua manusia di seluruh dunia tanpa kecuali. Adanya globalisasi seolah menyatukan semua bangsa menuju tatanan kehidupan baru yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia.

Baca Juga :   Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interkulturalitas

Aktifkan Pembaruan Artistik

Adanya berbagai pertunjukan dan hiburan yang baru dan lebih modern di era globalisasi telah mempengaruhi kemunduran seni tradisi khususnya seni rupa Indonesia. Menurunnya minat masyarakat disebabkan oleh pengaruh budaya asing yang lebih diminati dan kebosanan masyarakat terhadap hiburan tradisional Indonesia. Jelas, ini menjadi masalah besar bagi seniman Indonesia. Sebab, secara perlahan bisa menghentikan aktivitas seni tradisional Indonesia. Namun, buruknya eksistensi seni tradisional Indonesia telah mendorong beberapa seniman Indonesia untuk melakukan reformasi seni tradisional Indonesia.

Inovasi seni juga sangat beragam, tergantung pelakunya. Misalnya musik gamelan yang dipadukan dengan musik dan orkestra kontemporer, tari tradisional dikemas ulang dengan pemotongan tekstur, penyegaran kostum dan pembaruan gerakan yang diadaptasi dari gerakan tari tradisional. Serta pertunjukan wayang yang memadukan aspek dan teknik tradisional. Perkembangan zaman tentunya harus disikapi dengan bijak oleh para seniman Indonesia.

Mendorong kesetaraan gender

Kemajuan kesadaran manusia di era globalisasi memudahkan terciptanya kesetaraan gender dalam masyarakat. Wanita yang selalu menjadi yang pertama dalam hidup kedua sekarang diakui. Kesetaraan gender merupakan isu sosial positif yang muncul dari pengaruh globalisasi di bidang sosial budaya. Perempuan tidak lagi terpinggirkan atau diobjektifkan, namun tetap memainkan peran yang sama dengan laki-laki dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, kini perempuan bisa menjadi tokoh masyarakat dan presiden. Sebagai contoh, beberapa negara berkembang di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dikepalai oleh presiden perempuan.

sektor pariwisata tumbuh

Globalisasi memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata karena dapat difasilitasi dengan mudah, cepat dan ekonomis oleh kemajuan teknologi pariwisata. Tentunya promosi berbasis teknologi dapat dengan mudah menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, berkembangnya sektor pariwisata disebabkan oleh masyarakat sekitar yang sadar akan potensi wisata.

Baca Juga :   Pengertian Kewajiban

Itulah pembahasan mengenai Dampak positif globalisasi dalam bidang budaya, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.