Cara Memperbaiki Elemen Pemanas Air yang Rusak

Anams.id – Aduh, gengs! Gue punya cerita nih buat kalian semua yang lagi bingung gimana cara memperbaiki elemen pemanas air yang rusak.

Emang sih, kalo elemen pemanas air rusak bisa bikin kesel banget karena air jadi nggak keluar dari keran atau bahkan nggak panas.

Nah, tenang aja gengs, gue udah ngedapetin beberapa tips and tricks nih buat memperbaiki elemen pemanas air yang rusak.

Elemen pemanas air merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pemanas air. Elemen pemanas air yang rusak dapat menyebabkan air tidak panas atau bahkan tidak keluar sama sekali dari keran.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memperbaiki elemen pemanas air yang rusak. Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki elemen pemanas air yang rusak.

Penyebab Kerusakan Elemen Pemanas Air

Ada beberapa penyebab umum kerusakan elemen pemanas air. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Korosi

Korosi dapat terjadi pada elemen pemanas air karena paparan air yang keras, air yang mengandung klorin atau air yang memiliki pH yang tinggi.

Korosi dapat mengurangi umur elemen pemanas air dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen.

2. Overheating

Elemen pemanas air dapat rusak jika terlalu panas. Overheating dapat terjadi jika thermostat tidak berfungsi dengan baik atau jika elemen pemanas air terlalu lama dalam keadaan menyala.

3. Umur

Seperti semua benda lainnya, elemenpemanas air juga memiliki masa pakai yang terbatas. Jika elemen pemanas air sudah tua, maka kemungkinan besar akan timbul masalah pada elemen pemanas air tersebut.

Baca Juga :   Cara Membuat Kerajinan Dari Daun Kelapa, Hasil Akhir Bisa Jadi Bunga dan Keranjang

Cara Memperbaiki Elemen Pemanas Air yang Rusak

Setelah mengetahui penyebab kerusakan elemen pemanas air, berikut adalah cara memperbaikinya:

  • Matikan Listrik

Langkah pertama dalam memperbaiki elemen pemanas air yang rusak adalah mematikan listrik yang mengalir ke pemanas air. Hal ini sangat penting untuk menghindari kecelakaan atau bahaya listrik.

  • Periksa Thermostat

Thermostat berfungsi untuk mengontrol suhu air dalam tangki pemanas air. Jika thermostat tidak berfungsi dengan baik, maka elemen pemanas air dapat overheating dan rusak.

Periksa thermostat dan pastikan bahwa suhu yang diatur sesuai dengan kebutuhan. Jika suhu sudah terlalu tinggi, maka kurangi suhu thermostat.

  • Periksa Elemen Pemanas Air

Jika thermostat berfungsi dengan baik, maka periksa elemen pemanas air. Pastikan bahwa elemen pemanas air tidak terlalu kotor dan tidak korosi.

Jika elemen pemanas air terlihat kotor atau berkarat, maka bersihkan dengan lembut menggunakan sikat gigi atau kain lembut yang dibasahi dengan cuka atau air sabun dan bilas dengan air bersih.

  • Ganti Elemen Pemanas Air

Jika elemen pemanas air sudah terlalu tua atau rusak parah, maka ada kemungkinan bahwa elemen pemanas air harus diganti.

Anda dapat membeli elemen pemanas air yang baru dan menggantinya sendiri atau memanggil teknisi untuk membantu.

  • Cektekan Listrik

Jika setelah memeriksa thermostat dan elemen pemanas air, air masih tidak keluar sama sekali dari keran, maka periksa cektekan listrik.

Pastikan bahwa cektekan listrik terhubung dengan baik dan tidak rusak. Jika cektekan listrik rusak, maka ganti dengan yang baru.

Pencegahan Kerusakan Elemen Pemanas Air

Agar elemen pemanas air tidak rusak dan dapat bertahan lebih lama, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Beberapa di antaranya adalah:

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Receiver yang Tidak Ada Sinyal

Bersihkan secara teratur Bersihkan elemen pemanas air secara teratur untuk mencegah korosi dan kotoran menumpuk pada elemen.

  • Gunakan air yang baik

Gunakan air yang berkualitas baik untuk mengisi tangki pemanas air. Hindari penggunaan air yang keras atau air yang mengandung klorin yang berlebihan.

  • Lakukan pemeliharaan secara berkala

Lakukan pemeliharaan secara berkala pada sistem pemanas air, termasuk memeriksa thermostat dan elemen pemanas air. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius pada elemen pemanas air.

  • Ganti elemen pemanas air yang sudah tua

Ganti elemen pemanas air yang sudah tua dengan yang baru secara berkala. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pemanas air.

Jadi, elemen pemanas air yang rusak dapat menyebabkan masalah pada sistem pemanas air dan menyebabkan air tidak keluar dari keran.

Untuk memperbaiki elemen pemanas air yang rusak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan listrik yang mengalir ke pemanas air.

Kemudian, periksa thermostat dan elemen pemanas air untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Jika elemen pemanas air rusak parah, maka ada kemungkinan bahwa elemen pemanas air harus diganti.

Selain itu, langkah pencegahan seperti membersihkan elemen pemanas air secara teratur, menggunakan air yang berkualitas baik, dan melakukan pemeliharaan berkala dapat membantu mencegah kerusakan elemen pemanas air.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa dan melakukan pemeliharaan pada sistem pemanas air secara berkala untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan menghindari kerusakan yang lebih serius pada elemen pemanas air.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *